Kamis, 23 Jan 2020
radarbojonegoro
icon featured
Lamongan

Ajukan DAK untuk Wisata Desa

19 Mei 2018, 06: 20: 59 WIB | editor : Fa Fidhi Asnan

ilustrasi

Ilustrasi (Istimewa/Jawa Pos Radar Bojonegoro)

Share this      

KOTA – Terbilang ketinggalan dengan daerah lain, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Lamongan mulai melirik pembangunan wisata desa. Ditandai dengan pengajuan dana alokasi khusus (DAK) untuk perbaikan infrastrukturnya. Menurut Kepala Disparbud Lamongan, Chairil Anwar, beberapa potensi wisata desa di Lamongan sudah mengajukan anggaran. Rencananya tahun depan akan terealisasi.

Misalnya pantai Kutang, tahun ini mengajukan areal parkir. “Nanti kita ajukan, supaya areal parkirnya lebih aman dan nyaman,” ujarnya jumat (18/5). Menurut dia, desa bisa mengajukan ke daerah terkait perbaikan infrastruktur. Meski alokasinya tidak bisa langsung, tapi daerah akan mengupayakan. Karena potensi tersebut harus didukung.

‘’Pemerintah daerah tidak langsung menarik retribusi. Tapi, desa akan diajak kerjasama supaya memberikan retribusi apabila kondisi wisatanya sudah membaik,’’ ujarnya. Dia menjelaskan, beberapa pengunjung wisata membutuhkan sensasi baru. Terlebih bagi mereka yang sudah sering mengunjungi beberapa wahana wisata luar kota.

Sehingga mereka butuh lokasi wisata dengan pesona keindahan alam dan masih natural. Menurut dia, keberadaan wisata desa tidak bisa dihindari. Selain meningkatkan perputaran ekonomi di wilayah tersebut, juga mendorong perbaikan infrastruktur dengan banyaknya kunjungan dari luar kota. Karena itu desa diminta aktif untuk menggali potensinya.

‘’Ketika sudah ditemukan, desa bisa mengkonsultasikan dengan pemerintah terkait pe ngem bangan nya,’’ tukasnya. Anwar menambahkan,kemunculan wisata desa memang banyak. Tapi pengelolaannya masih belum terstruktur, dan masih banyak wisata dikelola secara pribadi. Karena itu, ke depan, desa diberikan pemahaman untuk menggali pon tensi. “Supaya industri pariwisata bi sa tumbuh lebih baik,” tambahnya.

(bj/rka/feb/faa/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia