Rabu, 26 Jun 2019
radarbojonegoro
icon featured
She

Kepincut Dunia Jurnalistik

05 Mei 2018, 05: 40: 59 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

Rachma Nur Afida

Rachma Nur Afida (Istimewa/Jawa Pos Radar Bojonegoro)

Share this      

SHE - Ada banyak hal seru ketika Rachma Nur Afida terjun ke dalam unit kegiatan mahasiswa (UKM) jurnalistik di kampusnya. Mahasiswi jurusan akuntansi R-AKN Bojonegoro itu merasa dunia jurnalistik itu perlu ketekunan dan konsistensi ketika menuliskan sebuah kejadian atau acara. 

Dia pun selama ini terus belajar dengan para seniornya di kampus. Dia pun kerap menjadi divisi media ketika ada acara yang digelar oleh kampus sekaligus menulis di majalah kampusnya. “Jurnalistik itu seru, bisa bertemu dengan banyak orang, sehingga bisa menyerap banyak ilmu yang mereka miliki,” jelas gadis asal Kecamatan Rengel, Tuban itu.

Awalnya, liputan jurnalistik itu dirasakannya susah, tetapi ketika dibimbing untuk membuat outline-nya terlebih dahulu, akhirnya perlahan dia bisa terjun di lapangan. Selain UKM jurnalistik, dia juga aktif dalam himpunan mahasiswa jurusan (HMJ) akuntansi. Di situ, gadis yang akrab disapa Rachma juga berlatih banyak hal. “Ilmu-ilmu yang tidak didapat dari perkuliahan, pastinya saya dapat dari UKM dan HMJ, seperti kepemimpinan, toleransi, sekaligus kolaborasi,” katanya. 

Sebab, Rachma akan terjun di dunia kerja, jadi harus menyiapkan mentalnya. Sementara, dia belum bisa menentukan arah karirnya, tetapi targetnya tetap kerja kantoran. “Nanti, belum bisa tentukan mau kerja di mana, yang penting berkarir kantoran dulu,” ucapnya.

Adapun hobi yang paling ia suka ialah membaca beraneka buku. Bagi dia, pemuda masa kini seharusnya bisa mengatur waktunya dengan baik. “Jangan sampai kemajuan teknologi justru mengubah orang jadi lebih malas membaca hal-hal penting dan bermanfaat dari buku,” pungkasnya. (bgs/nas)

(bj/gas/nas/bet/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia