Senin, 09 Dec 2019
radarbojonegoro
icon featured
Advertorial

Komitmen Kembangkan Batik Gedog Tuban

04 Mei 2018, 05: 15: 59 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

SELAMAT DATANG: Wakil Ketua Dekranas Tuban Andajati Noor Nahar Hussein menyambut Ketua Dekranas Mufidah Jusuf Kalla dalam kunjungannya di Desa Margorejo, Kecamatan Kerek kemarin.

SELAMAT DATANG: Wakil Ketua Dekranas Tuban Andajati Noor Nahar Hussein menyambut Ketua Dekranas Mufidah Jusuf Kalla dalam kunjungannya di Desa Margorejo, Kecamatan Kerek kemarin. (Istimewa/Jawa Pos Radar Tuban)

Share this      

TUBAN - Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) terus memberikan perhatian terhadap perkembangan batik tulis tenun Gedog Tuban. Kamis (3/5), wujud perhatian tersebut ditunjukkan Ketua Umum Dekranas Mufidah Jusuf Kalla dengan mengunjungi kampung batik Gedog di Desa Margorejo, Kecamatan Kerek.

Selain berdialog dan menyerap aspirasi langsung dari para pengerajin batik Gedog binaan dinas koperasi perindustrian dan perdagangan (diskoperindag), istri Wakil Presiden Jusuf Kalla itu juga meresmikan Desa Margorejo sebagai Kampung Wisata Batik Gedog.

Hadir dalam  peresmian tersebut, Ketua Bidang Manajemen Usaha Dekranas Bintang Puspayoga bersama pengurus Dekranas lainnya, Ketua Dekranas Provinsi Jawa Timur Nina Kirana Soekarwo, Wakil Ketua Dekranas Kabupaten Tuban Andajati Noor Nahar Hussein, Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Hussein, serta sejumlah pejabat terkait pemkab setempat. 

BERSINERGI: Mufidah Jusuf Kalla bersama ketua Dekranas Tuban Qodiriyah Fathul Huda dan bupati Fathul Huda usai membuka kegiatan sinergi program bersama Kementerian Koperasi-UKM dan Tim Penggerak PKK.

BERSINERGI: Mufidah Jusuf Kalla bersama ketua Dekranas Tuban Qodiriyah Fathul Huda dan bupati Fathul Huda usai membuka kegiatan sinergi program bersama Kementerian Koperasi-UKM dan Tim Penggerak PKK. (Istimewa/Jawa Pos Radar Tuban)

Kepala Diskoperindag Tuban Agus Wijaya mengatakan, selain sebagai wujud perhatian Dekranas, kunjungan istri orang nomor dua di Indonesia itu juga dalam rangka sinergitas program antara Dekranas dengan Kementerian Koperasi dan UKM, serta tim penggerak PKK. ‘’Diharapkan, dengan adanya sinergitas ini, Batik Gedog Tuban semakin berkembang,’’ tuturnya.

Agus lebih lanjut mengatakan, dari hasil sinergitas program tersebut diharapkan tenun Gedok Tuban tidak hanya diproduksi sebagai pakaian. Lebih dari itu, juga bisa dikembangkan lagi menjadi sebuah kerajian yang bernilai ekonomis, seperti sebagai bahan baku tas, sepatu, dan sejumlah kerajinan lain yang bisa meningkatkan perekonomian masyarakat. ‘’Dengan begitu, batik Gedok Tuban bisa terus berkembang,’’ ujar mantan kabag humas dan protokol setda itu.

Sebelum meresmikan Kampung Wisata Batik Gedog, Mufidah terlebih dahulu mampir ke Pendapa Krida Manunggal Tuban untuk membuka kegiatan sosialisasi dan pelatihan bagi pelaku usaha di Tuban dalam rangka sinergi program kegiatan Kementerian Koperasi UKM dengan Dekranas dan tim penggerak PKK. Ikut mendampingi dalam kegiatan tersebut bupati Fathul Huda dan Ketua Dekranas Kabupaten Tuban Qodiriyah Fathul Huda. Dalam acara tersebut juga diserahkan sertifikat hak cipta Kementerian Koperasi UKM dan sertifikat kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi kepada para perajin.

(bj/tok/ds/bet/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia