Rabu, 29 Jan 2020
radarbojonegoro
icon featured
Bojonegoro

Hari Ini 17.856 Siswa SD/MI Jalani Unas

03 Mei 2018, 06: 15: 59 WIB | editor : Fa Fidhi Asnan

ujian

BERBASIS KERTAS: Beberapa siswa ketika mengerjakan Tryout Kejujuran digelar Jawa Pos Radar Bojonegoro. Dan, hari ini (3/5) mereka akan memulai unas. (M. Nurcholis/Radar Bojonegoro)

Share this      

BOJONEGORO - Kamis (3/5) sebanyak 17.856 siswa SD/MI menjalani ujian nasional (unas). Berbeda dengan jenjang lainnya, unas SD masih berbasis kertas. Unas berlangsung tiga hari, berakhir Sabtu (5/5). “SD belum mampu menggelar UNBK. Jadi, masih berbasis kertas,‘‘ kata Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Hanafi rabu (2/5). Pendistribusian naskah unas SD/MI dilakukan rabu siang. Naskah soal disimpan di Mapolres Bojonegoro. Penyimpanan naskah tersebut demi keamanan dan kerahasiaan unas.

Pendistribusian naskah juga dilakukan atas pengawalan petugas kepolisian. “Naskah soal diambil oleh kepala sekolah. Semua pakai pengawalan petugas,’’ tegasnya. Unas SD tahun ini tidak seperti tahun lalu. Biasanya unas dilaksanakan pada Senin sampai Rabu. Tahun ini, unas dilaksanakan mulai Kamis sampai Sabtu. “Ya karena hari libur jadi dilaksanakan Kamis. Kan sama saja,‘‘ jelasnya.

Mata pelajaran pertama adalah bahasa Indonesia. Kemudian, matematika dan terakhir adalah IPA. Sementara itu, Sabtu depan peserta paket B juga melaksanakan unas. Namun, paket B melaksanakan secara UNBK. Sama seperti paket C, paket B juga menumpang di sekolah lain. Hanafi menjelaskan, UNBK paket B berlangsung mulai Sabtu sampai Senin. Mata pelajaran yang diujikan juga semua mapel yang diajarkan. Itu sama dengan UNBK paket C. “Untuk sesinya sama, yaitu satu sesi,‘‘ jelasnya. 

(bj/zim/rij/faa/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia