Selasa, 21 May 2019
radarbojonegoro
icon featured
Lamongan

Server Down, UNBK Paket C Molor 

28 April 2018, 05: 35: 59 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

KERJAKAN SOAL: Peserta UNBK paket C dari Pusat Kegiatan Belajar Mengajar Mizan Kecamatan Sarirejo.

KERJAKAN SOAL: Peserta UNBK paket C dari Pusat Kegiatan Belajar Mengajar Mizan Kecamatan Sarirejo. (Anjar D. Pradipta/Jawa Pos Radar Lamongan)

KOTA – Server down mewarnai pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) paket C yang dimulai Jumat (27/4). Ketua Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Mizan Kecamatan Sarirejo, M. Shobirin, menyatakan, server lembaganya sempat down sekitar 20 menit.  Akibatnya, ujian hari pertama terlambat sekitar 20 menit. “Karena laboratoriumnya satu, jadi harus gantian dan dua sesi,” ujarnya. 

Shobirin mengatakan, UNBK paket sebenarnya beban bagi lembaga. Meski secara mutu kualitas pendidikan akan terangkat, praktiknya banyak lembaga PKBM belum siap. Dia mencontohkan lembaganya yang masih beruntung karena berada dalam satu yayasan dengan lembaga formal. Sehingga, persiapan sarana prasarana (sarpras) seperti server utama dan cadangan sudah ada. Juga gensetnya. 

Sedangkan PKBM yang tidak memiliki sarpras memadai, harus menumpang ke lembaga formal terdekat. “Untuk biaya  operasional peserta dan saat pelaksanaan tidak ada dukungan dari pemerintah setempat,” ujarnya. 

Sementara, Ketua PKBM Mahayana Kecamatan Tikung, Emi Mustikasari, menjelaskan, warga belajarnya menumpang ujian di SMPN 1 Tikung. Dari 58 warga belajar peserta paket C, sepuluh warga belajar tidak bisa mengikuti UNBK. Dua warga di antaranya meninggal dunia. Selebihnya, diterima bekerja di perusahaan. “Jadi mereka mengundurkan diri, tidak mengikuti UNBK,” jelasnya. 

Menurut Emi, adanya UNBK paket sebenarnya lebih ringan. Sebab, pelaksanaannya lebih mudah. Apalagi, UNBK paket sistemnya persis dengan UNBK formal. Bahkan, soal dan nomor peserta sudah berhasil sinkron bersamaan UNBK SMP/MTs. “ Karena UNBK jadi warga belajar paket juga mengikuti simulasi sebanyak dua kali,”tuturnya. 

Kasi Keaksaraan dan Kesetaraan Dinas Pendidikan (Disdik) Lamongan, Waji, menuturkan, secara umum pelaksanaan UNBK paket hari pertama lancar. Meski PKBM baru kali pertama menyelenggarakan UNBK, persiapannya sudah sangat baik. Selain itu, lembaga yang ditumpangi juga sangat kooperatif.

(bj/jar/rka/yan/bet/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia