Sabtu, 25 Jan 2020
radarbojonegoro
icon-featured
Bojonegoro

Datangkan Material Jembatan Sementara

20 April 2018, 19: 46: 22 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) menyiapkan material perbaikan Jembatan SIAPKAN BAHAN: Cincin Lama penghubung Kecamatan Babat, Lamongan – Kecamatan Widang, Tuban

Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) menyiapkan material perbaikan Jembatan SIAPKAN BAHAN: Cincin Lama penghubung Kecamatan Babat, Lamongan – Kecamatan Widang, Tuban (Canggih Putranto/Jawa Pos Radar Tuban)

Share this      

LAMONGAN – Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) menyiapkan material perbaikan Jembatan Cincin Lama penghubung Kecamatan Babat, Lamongan – Kecamatan Widang, Tuban. Namun, jembatan bailey baru bisa dikerjakan setelah proses evakuasi selesai.  “Tadi malam (Rabu malam) rangka baja sudah dikirim dari Jakarta. Kemungkinan sore atau malam ini (kemarin) sudah datang,” tutur Deny Ardiansyah, Staf Teknik PPK perbaikan jalan Gresik, Lamongan, dan Tuban, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII Kamis (19/4). 

Dia memastikan, jembatan bailey dikerjakan sepanjang bentang ketiga yang mengalami kerusakan. Sebab sudah ada rangka baja konstruksi Jembatan Cincin Lama, sehingga tinggal meneruskan.  “Pengerjaannya menunggu proses evakuasi truk selesai. Kalau sudah klir maka langsung kita kerjakan,” ujar Deny. 

Dirjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Aris Setiadi Moerwanto membenarkan jika material sudah diperjalanan dari Jakarta. Selain itu, nantinya material yang dibutuhkan akan disiapkan seluruhnya.  “Modul panjangnya sama 50 meter (m) tipe beda, hanya bentang yang runtuh. Jadi tidak membongkar total, yakni satu segmen (bentang) saja,” ujar Aris. 

Seperti diberitakan sebelumnya, truk dipotong menjadi tiga bagian untuk memudahkan evakuasi. Baru satu truk yang bisa dievakuasi hingga Rabu malam lalu. Dia mengatakan, proses evakuasi masih berlangsung. Yakni, menggunakan crane berukuran 20 ton sehingga tidak merusak jembatan.  “Setelah ini akan dipindah semua jembatannya (material bentang yang rusak), kita bangun jembatan bailey yang baru,” tukasnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Lamongan Farikh menjelaskan, setelah mampu mengevakuasi satu truk, pengangkatan dua truk lainnya dilanjutkan kemarin.  “Hingga sore ini tadi bak truk kedua sudah bisa diangkat,” terang Farikh saat dikonfirmasi via ponsel. 

Melihat dari sulitnya evakuasi, Farikh memperkirakan jika evakuasi tak memungkinkan rampung hari ini. Sehingga, perbaikan jembatan bailey nanti minimal bisa mulai dikerjakan akhir pekan ini.  “Menurut saya hari ini (kemarin) belum bisa selesai. Kemungkinan dilanjutkan besok (hari ini),” tukasnya. 

Wakil Ketua Komisi V DPR RI Sigit Susiantomo menjelaskan, anggaran untuk perbaikan Jembatan Cincin Lama sudah dipersiapkan. Namun, untuk besarannya masih dalam perhitungan. “Untuk masalah-masalah darurat seperti ini, anggarannya sudah ada. Tapi belum dihitung untuk rinciannya menghabiskan berapa,” tukasnya. 

(bj/can/nas/ind/bet/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia