Sabtu, 25 Jan 2020
radarbojonegoro
icon-featured
Tuban

Bupati: Sebelum Kejadian Sudah Laporkan Ketidaklaikan

18 April 2018, 09: 34: 15 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

AKIBAT TAK SEGERA DIPERBAIKI: Bupati mengunjungi jembatan Cincim di Kecamatan Widang yang runtuh Selasa 17/4). 

AKIBAT TAK SEGERA DIPERBAIKI: Bupati mengunjungi jembatan Cincim di Kecamatan Widang yang runtuh Selasa 17/4).  (Canggih Putranto/Jawa Pos Radar Tuban)

Share this      

TUBAN – Runtuhnya Jembatan Cincim yang menghubungan Kecamatan Babat, Lamongan dengan Kecamatan Widang, Tuban disesalkan bupati Fathul Huda. Dia menegaskan, jauh hari sebelum insiden yang merenggut satu nyawa itu terjadi, Polres Tuban sudah memberikan rekomendasi atas ketidaklaikan jembatan yang melintas di atas Bengawan Solo tersebut kepada dinas terkait.

‘’Mestinya (jauh hari, Red) sudah terdeteksi. Beberapa hari lalu satlantas Tuban sudah memberikan rekomendasi adanya kelainan (ketidaklaikan di salah satu titik, Red),’’ kata bupati di lokasi ambruknya jembatan tersebut Selasa (17/4).

Semestinya, lanjut dia, saat ada laporan ketidaklaikan tersebut, Bina Marga Jalan Nasional Balai VIII langsung mengecek dan mengambil langkah antisipasi. Apalagi, kata Huda, usia jembatan sudah sangat tua. Lebih dari 40 tahun pasca dibangun sekitar 1978.

‘’Atas insiden ini, harapan kami semua koreksi,’’ tegas dia yang menyesalkan runtuhnya jembatan karena tidak diindahkannya rekomendasi polres. c

Disinggung terkait kelalaian Bina Marga, orang nomor satu di Pemkab Tuban ini menyatakan, semua dinas terkait ikut bertanggung jawab. ‘’Semestinya sejak awal sudah dicek (kemampuan jembatan, Red),’’ tandas dia. 

Selain tidak menindaklanjuti rekomendasi polres, Huda juga mengungkapkan tidak adanya koordinasi dengan Pemkab Tuban. Karena tidak memiliki kewenangan penanganan, lanjut Huda, pemerintah daerahhanya bisa menunggu tindak lanjut dari Bina Marga. ‘’Kalau nggak ada kejadian seperti ini, ya kami tidak tahu. Karena penanganannya bukan kewenangan pemerintah daerah,’’ ujar dia. 

Pasca insiden tersebut, bupati berharap segera ada perbaikan dari Bina Marga. Sebab, tidak lama lagi memasuki bulan Ramadan dengan arus lalu lintas yang padat.

(bj/can/tok/ds/bet/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia