Minggu, 15 Dec 2019
radarbojonegoro
icon featured
Lamongan

UNBK SMA: Lebih Siap karena Terbiasa 

10 April 2018, 08: 50: 59 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

LIHAT MONITOR: Siswa peserta UNBK di SMA Panca Marga Lamongan sebelum mengerjakan ujian.

LIHAT MONITOR: Siswa peserta UNBK di SMA Panca Marga Lamongan sebelum mengerjakan ujian. (Anjar D. Pradipta/Jawa Pos Radar Lamongan)

Share this      

KOTA - Pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tingkat SMA di Lamongan berjalan lancar.  Kepala SMAN 2 Lamongan, Muki, menjelaskan, jadwal UNBK hari pertama bahasa Indonesia. Sebelum siswa mengerjakan soal, seluruh proktor melakukan sinkronisasi untuk menyesuaikan jadwal pusat. Sehingga, selama ujian berlangsung, seluruh server dapat bekerja secara maksimal. 

“Server ini baru bisa aktif pagi tadi karena langsung dikendalikan pusat,” ujarnya. Menurut Muki, pelaksanaan UNBK ini bukan kali pertama. Sehingga lembaganya sudah terbiasa. Tahun ini menjadi tahun keempat bagi SMAN 2 Lamongan melaksanakan UNBK secara mandiri. Menurut dia, UNBK memerkecil terjadinya kecurangan dalam ujian. Adanya UNBK juga menjadi bukti kemajuan pendidikan suatu daerah. 

Dari jumlah 13 lembaga SMAN di Lamongan, seluruhnya sudah melaksanakan UNBK secara mandiri. “Jadi lembaga negeri seluruhnya mandiri,” tuturnya. 

Dikonfirmasi terpisah, Kepala SMA Panca Marga Lamongan, Siti Kustihayatun, mengatakan, pelaksanaan UNBK hari pertama berjalan lancar. Menginjak tahun kedua bagi lembaganya, Kusti mengaku semakin siap dalam melaksanakan UNBK. Pihaknya juga menyiapkan genset untuk mengantisipasi pemadaman dan trobelnya jaringan. “Permasalahan teknis bisa saja muncul kapan saja, jadi harus diantisipasi,” ujar bendahara MKKS SMA Swasta Lamongan tersebut. 

Kusti menjelaskan, selama tiga hari proses sinkronisasi, sebenarnya tidak semua berjalan lancar. Terdapat tiga lembaga swasta yang kesulitan untuk melakukan sinkronisasi. Selain terkendala sarana prasarana (sarpras), jaringan juga kurang baik. Namun, dia enggan menyebutkan nama tiga lembaga tersebut. “Yang jelas, Minggu pukul 19.30 seluruh lembaga sudah sinkron semua,” jelasnya. 

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jawa Timur Wilayah Lamongan, Puji Hastuti, menyatakan, pelaksanaan UNBK kemarin serentak. Hanya ada satu siswa yang berhalangan karena mengikuti pertukaran pelajar di Amerika. Sedangkan untuk kehadiran siswa dari seluruh lembaga masih baik. “Semoga sampai hari terakhir berjalan lancar,” harapnya. 

(bj/jar/rka/yan/bet/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia