Minggu, 26 May 2019
radarbojonegoro
icon featured
Ekonomi Dan Bisnis

Gadai Emas Lebih Medominasi

31 Maret 2018, 09: 00: 59 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

TRANSAKSI: Aktivitas kegiatan di loket pegadaian untuk proses gadai.

TRANSAKSI: Aktivitas kegiatan di loket pegadaian untuk proses gadai. (M. Mahfudz Muntaha/Jawa Pos Radar Blora)

BISNIS - Transaksi gadai kini tidak lagi hanya menggunakan barang seperti BPKB kendaraan atau barang elektronik. Karena sekarang nasabah lebih banyak menggunakan gadai berupa perhiasan emas. Kepala Cabang Pegadaian Blora Mujoko mengatakan, selama ini barang digadai itu hampir 80 persen berupa emas atau perhiasan. Dan, sisanya seperti agunan BPKB kendaraan bermotor dan barang elektronik. 

Menurut dia, untuk gadai dengan mengunakan emas ini tidak akan mengurangi harga barang itu sendiri. Justru, jika mengunakan emas, harga akan semakin bertambah. ''Juga untuk bunganya juga kecil,'' ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, untuk nasabah gadai selama ini juga terhitung masih tinggi. Seperti selama ini untuk nasabah ada sekitar 12.000 orang. Dan itu ditambah dengan nasabah baru setiap bulannya 500 orang. ''Tapi setiap bulannya juga ada nasabah keluar masuk,'' imbuhnya.

Dari jumlah ini masih termasuk sedikit. Karena untuk jumlah populasi di Blora itu sebanyak 800.000 jiwa lebih, sedangkan untuk yang masuk dalam nasabah hanya sebanyak 12.000. Sehingga, perlunya penambahan pemasaran agar masyarakat memanfaatkan gadai. Bahkan, transaksi gadai sekarang mulai meluas dan dimanfaatkan mahasiswa. 

Untuk lama gadai, menurut Muljono, selama empat bulan. Namun, setelah empat bulan jika pemilik barang belum bisa melakukan pelunasan, bisa dilakukan perpanjangan. Jika pemilik barang tidak melakukan perpanjangan dan tidak kuat membayar, barang akan dilelang. ''Kami melelang juga sesuai kesepakatan pemilik barang,'' jelasnya.

Setelah dilelang nanti, jika hasilnya melebihi harga barang tersebut, tentu kelebihan dari gadai itu akan diberikan kepada pemilik barang.

(bj/ch/fud/rij/bet/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia