Senin, 18 Nov 2019
radarbojonegoro
icon featured
Sport

Ayo, Libas Bajol Ijo 

30 Maret 2018, 05: 55: 59 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

DAMAI: Pelatih Persela Aji Santoso berjabat tangan dengan Pelatih Persebaya, Alvredo Vera dalam Press Conference jelang laga big match hari ini.

DAMAI: Pelatih Persela Aji Santoso berjabat tangan dengan Pelatih Persebaya, Alvredo Vera dalam Press Conference jelang laga big match hari ini. (Anjar D. Pradipta/Jawa Pos Radar Lamongan)

Share this      

LAMONGAN – Persela optimistis mampu meraih hasil maksimal pada laga pertama di kandang sore ini (30/3). Motivasi melibas Bajol Ijo-julukan Persebaya bakal didukung ribuan LA Mania dan Curva Boys-fans setia Persela, yang tanpa henti memberi semangat dan menyesaki tribun Stadion Surajaya Lamongan. 

“Besok sore (sore ini) pertandingan yang seru. Mudah-mudahan bisa menarik dan menghibur penonton yang datang,” tutur Head Coach Persela, Aji Santoso kepada Jawa Pos Radar Lamongan saat press conference di Dapur Lily kemarin (29/3).

Apalagi, pemain dituntut meraih tiga poin di kandang untuk memperbaiki posisi klasemen Liga 1. Seperti diketahui, Persela kini belum memiliki poin. Di laga sebelumnya, Ahmad Birrul Walidain takluk 1-2 dari tuan rumah Persipura Jayapura Sabtu (24/3) lalu. 

Sebaliknya, Persebaya mampu membuka hasil manis di laga pertamanya lalu. Tim besutan Angel Alfredo Vera itu melibas tamunya Perseru Serui dengan skor tipis 1-0. Tapi itu bukan menjadi jaminan jika Persebaya akan mudah meraih poin di stadion kebanggaan masyarakat Lamongan tersebut. 

“Kita tahu persebaya tim bagus. Terakhir mereka menang. Tapi pertandingan besok (sore ini) main di kandang Persela. Hukumnya wajib bagi kita untuk memenangkan pertandingan,” tegas pelatih 47 tahun tersebut. 

Jajaran pelatih Laskar Joko Tingkir sudah mengevaluasi kekalahan sebelumnya. Aji menilai, kekalahan sebelumnya bukan karena faktor cara main dan organisasi permainan. Tapi, gol dari Persipura lahir dari kesalahan pemain Persela.  

“Sudah saya evaluasi agar tidak terjadi lagi pada pertandingan selanjutnya (lawan Persebaya),” terang pelatih berkacamata tersebut saat pre-match press confrerence. 

Terutama gol kedua Persipura akibat kesalahan fatal yang dilakukan panjaga gawang M. Ridwan. Tentu itu menjadi penilaian buruk bagi mantan penjaga gawang Semen Padang tersebut. Yakni M. Ridwan terancam tak masuk dalam starting eleven Persela. Isyarat mempercayakan mistar gawang jatuh pada Dwi Kuswanto. 

“Setelah Dwi Kus (kiper) mertuanya meninggal, dia sudah gabung latihan lagi. Tapi masih melihat kondisi terakhir besok, siapa yang akan diturunkan,” ucap mantan pelatih Timnas PSSI U-23 tersebut.  

Meski laga Persela vs Persebaya bertitel super big match, namun Aji tak menganggap laga tersebut istimewa. Bagi dia, semua laga di kompetisi Liga 1 penting, serta harus dipersiapkan secara matang karena kekuatan seluruh tim merata. 

“Lawannya Persela itu bukan hanya Persebaya saja. Yang jelas besok laga big match, kita juga ingin memulai dengan poin sempurna,” imbuhnya. 

Persela kemungkinan besar lebih diuntungkan, karena dipastikan tak ada Bonek Mania-fans setia Persebaya di stadion. Disinggung terkait hal itu, Aji mengatakan, memang suporter itu ada pengaruhnya. Tapi kemenangan tim itu tidak ditentukan dari banyak dan sedikitnya suporter yang datang ke lapangan.  

“Tapi kemenangan tim lebih ditentukan cara bermain, taktik, dan strategi,” imbuhnya.  

Skuad berkaus kebesaran biru-muda menjalani latihan terakhir kemarin sore. Pelatih asal Malang itu memastikan jika timnya dalam kondisi bagus. Pemain yang sebelumnya diragukan tampil, dipastikan bisa memperkuat Persela di laga derby Jawa Timur (Jatim) tersebut. 

“Kondisi tim semuanya dalam keadaan bagus. Bahkan insyaallah Saddil sudah bisa main. Wallace  mudah-mudahan juga bisa main,” terang mantan bek Timnas PSSI era 90’an tersebut.  

Terpisah, Pelatih Kiper Persela Erick Ibrahim, memberi isyarat jika akan mengganti penjaga gawang di laga melawan Persebaya nanti. Erick berharap siapapun kiper yang diturunkan nantinya tak membuat kesalahan, yang dapat merugikan tim sendiri. 

“Ketiga penjaga gawang kita kondisinya baik. Kemungkinan di laga nanti menurunkan kiper yang berbeda,” tukasnya. 

Sementara itu, Kapten Persela Ahmad Birrul Walidain mengatakan, dirinya dan rekan-rekannya akan bekerja keras pada pertandingan melawan Persebaya. Bek kanan putera daerah Lamongan itu mengaku siap menjalankan strategi dari jajaran pelatih. 

“Motivasinya yang penting kita harus lebih baik dari kemarin. Untuk strategi saya serahkan sepenuhnya pada pelatih,” ujar Birrul.  

Sementara itu, jajaran manajemen melakukan doa bersama di Makam Mbah Lamong tadi malam. Ini merupakan prosesi sebelum Persela menjalani laga di kandang. Mbah Lamongan memiliki nama asli Ki Rangga Hadi merupakan adipati pertama di Lamongan. Tokoh dengan gelar Tumenggung Surajaya itu diabadikan menjadi nama stadion, yang kini menjadi markas Laskar Joko Tingkir.

“Doa bersama nanti (tadi malam) sebagai bentuk penghormatan pada salah satu tokoh di Lamongan,” tutur CEO Persela, Yuhronur Efendi.

Yuhronur cukup optimistis jika Persela mampu meraih hasil positif di kandang. Di laga sebelumnya sebenarnya permainan apik ditunjukkan pemain Persela. Tapi hanya kurang beruntung hingga mengalami kekalahan di luar kandang. 

“Dengan skuad yang ada sekarang, saya cukup yakin Persela bisa menang di kandang,” ujar pria yang juga menjabat Sekkab Pemkab Lamongan tersebut. 

Sementara itu, Head Coach Persebaya Angel Alfredo Vera, meminta anak asuhnya bermain bagus, kerja keras, dan disiplin. Namun, diakuinya, hal itu tak mudah sebab bermain di kandang Persela. 

“Kita ingin memenangkan pertandingan besok. Tapi kita lihat besok,” ujar Pelatih berpaspor Argentina tersebut. 

Alfredo tak terlalu memusingkan tidak adanya dukungan dari Bonek Mania, yang tak dijatah kuota oleh Panpel Persela. Dia ingin memanfaatkan dukungan dari suporter Persela untuk mengangkat semangat timnya. 

“Kita tidak punya suporter, tapi suporter dari Persela bisa men-support kita,” ungkap Alfredo dengan senyum kecil. 

Pemain Persebaya, Arthur Irawan mengungkapkan, dirinya sudah siap pada pertandingan melawan Persela. Jika nanti diturunkan, Arthur berjanji bakal bermain sebaik dan semaksimal mungkin. 

“Kita dari pemain akan menjalankan apa yang dimintai pelatih. Kita percayakan taktik pada Coach Alfredo,” pungkasnya.

(bj/jar/ind/nas/bet/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia