Selasa, 15 Oct 2019
radarbojonegoro
icon featured
Lamongan

Ibu Pembuang Bayi Tidak Ditahan

27 Maret 2018, 07: 10: 59 WIB | editor : Fa Fidhi Asnan

ilustrasi

Ilustrasi (Istimewa/Jawa Pos Radar Bojonegoro)

Share this      

KOTA – Ibu pembuang bayinya sendiri, Lusiana Stasih,22, asal Desa Warukulon Kecamatan Pucuk sudah dimintai keterangan petugas Polres Lamongan. Namun tidak ditahan. ‘’Orang tua (ibu) bayi sudah dimintai keterangan oleh unit PPA (perlindungan perempuan dan anak ) beberapa hari lalu. Namun tak begitu lama karena kondisinya masih sakit,’’ ucap Kasat Reskrim Polres Lamongan AKP Yadwivana Jumbo Qantason senin (26/3).

Menurut dia, karena kondisinya baru melahirkan dan masih membutuhkan perawatan sehingga orang tua bayi tersebut tidak ditahan. Namun berkasnya tetap berlanjut karena sudah melakukan pelantaran atau pembuangan bayi secara disengaja. ‘’Saat dimintai keterangan, dia membenarkan telah melakukan pembungan (bayinya,Red) karena takut kepada orang tuanya saat melahirkan,’’ ungkapnya. Jumbo memastikan berkas berlanjut terus hingga dilakukan sidang di pengadilan. Setelah selesai diproses, akan segera dilimpahkan ke kejaksaan.

Orangtua tersangka, dan tersnagka sudah kooperatif dan tidak akan melarikan diri demi melakukan persidangan untuk mempertanggungjawabkan apa yang telah dilakukan. ‘’Kalau ibu bayi lebih cepat sembuh dibanding proses pemberkasannya, tetap akan dilakukan penahanan,’’ ujarnya. Seperti yang diberitakan, seorang bayi dibuang di kubangan air dan sampah belakang rumah selama sekitar empat jam sebelum ditemukan.

Bayi itu kemudian diketahui baru saja dilahirkan ibunya bernama Lusiana Stasih dan dibuang karena takut ketahuan orang tuanya. Bayi tersebut hasil hubungan gelapnya dengan pacarnya saat masih menjadi anjal (anak jalanan) keliling di beberapa kota. Selama hamil, orang tuanya tak mengetahui karena jarang di rumah saat siang hari karena berjualan ke pasar.

(bj/mal/feb/faa/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia