Kamis, 23 Jan 2020
radarbojonegoro
icon featured
Lamongan

Normalisasi Gondang Hampir 85 Persen

23 Maret 2018, 07: 00: 59 WIB | editor : Fa Fidhi Asnan

gondang

DINORMALISASI : Waduk Gondang yang berfungsi untuk sumber air irigasi dan wisata sedang dinormalisasi. (Anjar D. Pradipta/Jawa Pos Radar Bojonegoro)

Share this      

SUGIO – Proyek normalisasi multi years Waduk Gondang di Kecamatan Sugio dan Waduk Prijetan di Kecamatan Kedungpring mencapai hampir 85 persen. Keduanya merupakan waduk terbesar di Lamongan.

‘’Pantauan kita, normalisasi Waduk Gondang dan Waduk Prijetan samasama sudah mendekati 85 persen,’’ kata Kabid Rehabilitasi Dan Operasi Dinas PU Sumberdaya Air Lamongan, Handoyono kepada Jawa Pos Radar Lamongan kamis (22/3). Dia menjelaskan, normalisasi tersebut menyangkut jaringan pengairan yang terkoneksi dengan kedua waduk itu.

Antara lain, proyek pengerukan sejumlah waduk lapangan dan jaringan irigasi waduk gondang belum semuanya rampung. Diantaranya, Waduk German, Waduk Balongganggang, Waduk Jotosanur, dan Waduk Rancangkencono. ‘’Yang sudah seratus persen pengerukannya yakni Waduk Lopang. Lainnya masih belum selesai,’’ terangnya saat dikonfirmasi via ponsel.

Kondisi serupa, lanjut dia, juga terjadi pada proyek pengerukan waduk lapangan di jaringan irigasi Waduk Prijetan. Yakni Waduk Sentir dan Waduk Kalen juga masih dalam pengerjaan. ‘’Dua waduk lapangan jaringan Prijetan itu juga belum selesai seratus persen,’’ tukasnya. Dia mengatakan, memasuki akhir Maret ini masih terdapat pengerjaan normalisasi multi years waduk.

Namun, diprioritaskan pada saluransaluran. Sedangkan pengerukan waduknya dihentikan sementara karena sedang musim hujan. ‘’Kalau untuk saluran-salurannya tak terganggu hujan, sehingga bisa dikerjakan. Tapi untuk pengerukan waduk lapangan, menunggu hingga hujan reda,’’ imbuhnya.

Handoyono menjelaskan, kapasitas waduk gondang sebenarnya 24 Juta meter kubik (M3). Namun mengalami sedimentasi (pendangkalan) yang mencapai 3,5 Juta M3. Sehingga tampungan airnya tinggal 20,5 Juta M3. ‘’Kalau Waduk Prijetan tampungannya sekitar 7 Juta M3,’’ pungkasnya.

(bj/ind/feb/faa/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia