Selasa, 10 Dec 2019
radarbojonegoro
icon featured
Tuban

Gua Baru Ditemukan di Mulyoagung

21 Maret 2018, 09: 37: 37 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

KEINDAHAN PERUT BUMI: Gua baru ditemukan di  di Dusun Tegalrejo, Desa Mulyoagung, Kecamatan Singgahan.

KEINDAHAN PERUT BUMI: Gua baru ditemukan di di Dusun Tegalrejo, Desa Mulyoagung, Kecamatan Singgahan. (Canggih Putranto/Jawa Pos Radar Tuban)

Share this      

TUBAN - Gua baru ditemukan di Dusun Tegalrejo, Desa Mulyoagung, Kecamatan Singgahan. Jawa Pos Radar Tuban kemarin (20/3) berkesempatan masuk ke dalam gua sebelum dipasang police line untuk ditutup sementara oleh petugas keamanan sekitar pukul 11.00.

Bersama anggota Polsek Singgahan, perwakilan Perhutani, dan kepala desa setempat, wartawan koran ini masuk selama kurang lebih 15 menit. Sempitnya lubang gua menjadikan yang masuk harus bergantian. Satu per satu.

Itu pun posisi tubuh harus menunduk setengah badan. Gua ini benar-benar masih perawan. Lantai gua masih tertimbun tanah merah bercampur batu. Di dalam ruang gua yang berukuran sekitar 5 x 5 meter tak ada lubang lain selain pintu masuk gua.

Kondisi ini menjadikan suasana di dalamnya gelap. Untuk menyusuri ruang gua, sejumlah petugas menyalakan senter. Dari alat penerangan inilah relief gua yang berbentuk stalaktit dan stalagmit terlihat samar. Ketika disorot lampu, sejumlah batu terlihat berpendar karena rembesan air yang menyelimuti.

Asper BKPH Mulyoagung Moh. Badar mengatakan, gua yang berlokasi  di petak 2 RPH Mulyoagung, BKPH Mulyoagung, KPH Parengan tersebut ditemukan mandor hutan setempat bernama Sunarto pada Senin (19/3) sekitar pukul 10.00.

Sementara itu, Kades Mulyoagung Muhail Rosyid mengklaim gua tersebut ditemukan pencari batu pada Senin (19/3) sekitar pukul 10.00. Kedalaman awal ketika ditemukan sekitar dua meter dari mulut gua. ‘’Langsung ditutup agar stalaktit-stalagmit tidak hilang,’’ ujar dia.

(bj/dka/zak/ds/bet/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia