Kamis, 27 Jun 2019
radarbojonegoro
icon featured
Lamongan

Bulog Klaim Naik, Pemkab Turun

15 Maret 2018, 13: 12: 35 WIB | editor : Fa Fidhi Asnan

beras

MUSIM PANEN : Petani Lamongan mulai panen padi, sehingga pemkab setempat menyatakan harga beras turun. Namun bulog mengklaim harga beras masih naik. (Anjar D. Pradipta/Jawa Pos Radar Bojonegoro)

Share this      

KOTA – Divre III Bulog Bojonegoro dengan Pemkab Lamongan terjadi perbedaan pendapat terkait harga beras saat ini. Bulog mengklaim harga beras terjadi kenaikan. Sedangkan pemkab melalui dinas perindustrian dan perdagangan (disperindag) setempat menyatakan turun.

Menurut Kasi Pengadaan Beras Divre III Bulog Bojonegoro, Sri Budiono, berdasarkan pantauannya, harga beras di pasar cenderung naik. Sebelumnya harga beras medium di lapangan Rp 8.900 per kg, rabu (14/3) naik menjadi Rp 9.300 per kg.

‘’Meski panen, harga beras masih menunjukkan tren kenaikan, karena ketetapan harga komersil bulog masih berlaku sampai dengan 30 April mendatang,’’ ujarnya. Dia mengungkapkan, kenaikan harga beras itu disebabkan kondisi di lapangan terjadi rebutan. Artinya, beberapa daerah memang sudah panen, salah satunya Lamongan.

Namun masih sebagian. Sedangkan hasil panen masih banyak yang dijual ke tengkulak luar daerah, seperti Demak, Semarang, dan Pati. “Akibatnya harga beras di lokal masih belum stabil,” ungkapnya. Sementara itu, Kepala Disperindag Lamongann, M. Zamroni melalui kabag humas dan protocol, Agus Hendrawan menyatakan harga beras di pasar sudah turun.

Berdasarkan patokan harga disperindag online, harga beras di pasar sudah turun antara Rp 1.000 hingga Rp 2.000 per kg. Penurunan itu dikarenakan petani Lamongan sudah memasuki musim panen, sehingga produksi beras melimpah. “Jangan dikaitkan dengan adanya impor beras, karena kita tidak butuh,” tandasnya. Agus menyatakan, harga beras di pasar dipastikan akan terus turun. Awal Maret ini, harga 

(bj/rka/feb/faa/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia