Senin, 09 Dec 2019
radarbojonegoro
icon featured
Ekonomi Dan Bisnis

Rebut Konsumen dengan Varian Baru

13 Maret 2018, 14: 33: 42 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

SAMBUT MOMENTUM: Salah satu diler yang menyiapkan mobil baru untuk menyambut pasar awal tahun.

SAMBUT MOMENTUM: Salah satu diler yang menyiapkan mobil baru untuk menyambut pasar awal tahun. (Yudha Satria Aditama/Jawa Pos Radar Tuban)

Share this      

BISNIS – Pabrikan mobil terus bersaing memikat konsumen, terutama dengan penawaran varian baru. Hampir dipastikan, awal tahun seperti saat ini akan banyak muncul mobil-mobil baru yang menghiasi pasaran. Upaya tersebut dilakukan diler untuk menembus target penjualan di awal tahun. “Hampir dipastikan tribulan pertama ini tiap diler mempunyai mobil baru andalan masing-masing yang diharapkan menjadi buruan konsumen,” kata seorang sales counter sebuah diler di Tuban, Tyas Leoni kemarin (11/3).

Dia mengungkapkan, pabrikannya meluncurkan mobil baru secara bertahap. Awal Januari lalu dimulai dengan peluncuran mobil baru jenis sport utility vehicle (SUV). Berikutnya mobil jenis city car menyusul pada bulan kedua dan ketiga tahun ini.

“Varian baru yang dikeluarkan pabrik, sementara ini memang masih fokus merek lama yang menguasai pasaran. Namun ada sejumlah pembaruan baik dari segi fisik maupun mesin,” ungkapnya.

Menurut dia, meski sejak awal tahun penjualan mobil keluarga masih mendominasi, namun pabrikannya tetap mengeluarkan varian city car dengan harapan bisa memperluas pasar.

Terutama dari kalangan anak muda. Berdasarkan tren peminat pasar kendaraan roda empat, konsumen mobil kini mulai meluas di kalangan para keluarga muda. “Orang sekarang mulai bosan dengan mobil keluarga, jadi mobil jenis lain bisa jadi alternatif,” terangnya.

Sales diler lain, Lisa mengatakan, mobil baru yang telah diluncurkan pabrikannya dan menjadi andalan penjualan, yakni jenis multi purpose vehicle (MPV) dan city car. Dua jenis mobil itu diprediksi akan menguasai pasar dalam waktu lama.

Mobil MPV dipilih tak lain karena kapasitas penumpang yang besar. Sementara city car untuk kebutuhan keluarga kecil atau pembelian untuk mobil kedua.Wanita berjilbab itu mengatakan, penjualan triwulan pertama tahun ini masih cukup stabil.

Selanjutnya, April mendatang diperkirakan mulai meningkat hingga musim mudik Lebaran mendatang. Pihaknya telah mempersiapkan hal tersebut dengan menambah stok mobil. “Musim mudik Lebaran biasanya paling banyak mobil MPV, berikutnya city car,” ujarnya.  

(bj/yqn/yud/feb/bet/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia