Senin, 17 Feb 2020
radarbojonegoro
icon featured
Tuban

Makin Inovatif, Dandani Anak Menggunakan Batik

13 Maret 2018, 13: 54: 23 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

 AMBIL FOTO : Salah satu anak yang mengenakan batik saat nongkrong disalah satu resto di Tuban.

 AMBIL FOTO : Salah satu anak yang mengenakan batik saat nongkrong disalah satu resto di Tuban. (Yudha Satria Aditama/Jawa Pos Radar Tuban)

Share this      

TUBAN – Batik kini tak lagi identik dengan pakaian dewasa untuk acara formal saja. Munculnya para desainer muda membuat batik kian inovatif. Mereka berlomba-lomba memodifikasi pakaian tradisional tersebut agar kian akrab dikenakan remaja dan anak-anak. Dikarenakan mode batik terus dimodifikasi, warisan budaya Indonesia yang diakui Unesco itu kian akrab dipakai dalam suasana apapun.

Helena Pramitha, owner salah satu butik di Tuban mengatakan, batik kini lebih inovatif. Desain dan corak warnanya pun lebih atraktif. Sasaran para produsen batik kini terus meluas. Tak hanya untuk dewasa dan remaja saja. Segmen konsumen balita dan anak-anak pun terus dibidik. Biasanya agar tidak membosankan bagi anak, batik untuk balita dimodifikasi dengan menggunakan warna mencolok agar lebih lucu dikenakan.

Batik untuk anak biasanya didesain menjadi mini gaun, kemeja lengan panjang, atau kaus yang dikombinasi dengan batik warna-warna cerah. Mitha mengatakan, butik kini tidak bisa lagi hanya mengandalkan pakaian-pakaian siap jadi. Biasanya, untuk batik balita banyak yang memesan terlebih dahulu sesuai ukuran dan model yang diinginkan konsumen. ‘’Kalau batik untuk anak modelnya lebih variatif bisa sesuai pesanan, jadi bisa lebih menarik,’’ tuturnya.

Mitha mengatakan, biasanya pemesanan batik untuk anak banyak dilakukan orang tua yang hendak mengajak ke sebuah acara pernikahan atau pesta lain. Dikarenakan bisa dipesan, batik untuk anak biasanya menggunakan batik tulis. Itu karena kualitas batik tulis terbukti lebih awet. 

(bj/rod/yud/wid/bet/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia