Sabtu, 25 Jan 2020
radarbojonegoro
icon featured
Lamongan

Hutan Terluas di Kecamatan Sambeng

04 Maret 2018, 08: 56: 18 WIB | editor : Fa Fidhi Asnan

Ilustrasi

ilustrasi (Istimewa/Jawa Pos Radar Bojonegoro)

Share this      

LAMONGAN - Ruang terbuka hijau (RTH) di Lamongan masih minim. Sesuai data, lahan hutan di Kota Soto ini hanya terdapat di delapan dari 27 kecamatan di Lamongan. Status lahan negara dengan luas 19,778 hektare (ha).

Dari delapan kecamatan, yang memiliki lahan hutan paling luas ada di Kecamatan Sambeng. Luasnya 8,389 hektare. “Kecamatan Sambeng memiliki hutan paling luas dibanding kecamatan lainnya,” kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Lamongan Sri Kadarwati sabtu(3/3).

Delapan kecamatan yang memiliki hutan, yakni Sukorame, Bluluk, Ngimbang, Sambeng, Mantup, Sugio, Modo, dan Brondong. Sedangkan untuk kecamatan lainnya tidak memiliki hutan. Status lahan hutan itu merupakan tanah negara yang dikelola oleh BUMN, yakni Perhutani. Untuk hutan di wilayah selatan Lamongan ikut KPH Mojokerto.

Sedangkan, untuk yang di wilayah Pantura Lamongan ikut KPH Tuban. “Mayoritas kayu jati,” imbuhnya. Dia menambahkan, jika melihat data tersebut ada 19 kecamatan di Lamongan yang tidak memiliki lahan hutan negara.

Yaitu Kecamatan Kembangbahu, Kedungpring, Babat, Pucuk, Sukodadi, Lamongan, dan Tikung. Juga, Kecamatan Sarirejo, Deket, Glagah, Karangbinangun, Turi, Kalitengah, Karanggeneng, Sekaran, Maduran, Laren, Solokuro, dan Paciran. “Yang tak memiliki hutan itu rata-rata lahan pertanian atau tambak,” bebernya. 

(bj/msu/rij/faa/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia