Jumat, 14 Dec 2018
radarbojonegoro
icon featured
Hukum & Kriminal

Ketagihan Ngopi, Pria Ini Curi Ikan Tambak Milik Tetangganya

Senin, 19 Feb 2018 12:22 | editor : Ebiet A. Mubarok

TERTANGKAP: Ahmad Saiful, asal Desa Babatagung, Kecamatan Deket, dan ikan hasil menjaring di tambak milik tetangganya.

TERTANGKAP: Ahmad Saiful, asal Desa Babatagung, Kecamatan Deket, dan ikan hasil menjaring di tambak milik tetangganya. (Anjar D. Pradipta/Jawa Pos Radar Lamongan)

DEKET – Ahmad Saiful, 41, asal Desa Babatagung, Kecamatan Deket, suka ke warung kopi. Namun modalnya, hasil penjualan ikan curian dari tambak milik tetangganya.

Menurut keterangan petugas kepolisian, dia sudah tujuh kali menjaring ikan di tambak tetangganya. Jaring yang digunakan juga milik tetangganya.

‘’Di waktu tak punya uang untuk ke warung kopi, malamnya mengambil ikan di tambak,’’ kata Saiful di hadapan petugas setelah ditangkap kemarin (18/2) pagi. 

Dia mencuri sejak Januari lalu. Tersangka meminjam jaring ke sejumlah tetangganya secara bergantian. Dia beralasan menjaring ikan di sungai, tak jauh dari rumah. 

Tersangka mulai beraksi sekitar pukul 02.00. Dinihari tersebut diyakini pemilik tambak sudah pulang dan tidur di rumahnya. 

‘’Saya mengambil ikan saat dijual cukup untuk ngopi satu minggu,’’ tutur bapak dua anak ini.

Hasil menjaring ikan di tambak tetangga dijual ke Pasar Blawi. Uang yang didapatkannya Rp 250 ribu hingga Rp 400 ribu dari penjualan udang vanami dan ikan mujaer sekitar 5 kg. 

Kapolsek Deket, AKP Sunaryo, mengatakan, tersangka ditangkap salah seorang tetangganya, Sujono, 48, yang berangkat memanen ikan.

Dari kejauhan, saksi melihat ada seseorang menjaring ikan di tambak milik tetangganya. Tersangka kemudian diamankan. 

‘’Sebelum diamankan di polsek, tersangka lebih dulu diamankan di rumah kasun. Banyak warga yang tak menerimanya,’’ kata Kapolsek. 

Menurut dia, sebagian warga tidak setuju tersangka dilepas. Mereka yang geram karena ikannya sering hilang, meminta tersangka diproses lebih lanjut. Barang bukti yang diamankan, satu jaring, 2 kg udang vanami dan 1 kg ikan mujair.

(bj/dka/jar/mal/yan/bet/JPR)

 
Jawa Pos Digital
E-Paper
Most Read
 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia