Selasa, 25 Jun 2019
radarbojonegoro
icon featured
Tuban

Inovasi Kopi dengan Campuran Rasa Buah 

14 Januari 2018, 16: 39: 38 WIB | editor : Fa Fidhi Asnan

JADI ANDALAN: Barista salah satu kafe saat meracik kopi menggunakan coffee maker.

JADI ANDALAN: Barista salah satu kafe saat meracik kopi menggunakan coffee maker. (Yudha Satria Adhitama/Radar Rojonegoro)

Share this      

TUBAN – Kafe sekarang ini tidak lagi mengandalkan fasilitas tempat tongkrongannya. Sebab, kini fasilitas seperti free wifi, spot selfie, dan tempat yang nyaman sudah hampir dimiliki semua kafe. Sehingga, pihak kafe pun mulai menyiasatinya dengan mengunggulkan menu tertentu. Tak hanya menyajikan minuman baru, menu makanan pun terus disajikan agar menarik konsumen.

Putri Anjayati, pimpinan salah satu kafe di Tuban mengatakan, hampir semua kafe sekarang bersaing fasilitas untuk menjadi spot foto yang menarik. Banyak dari konsumen memanfaatkan kafe sebagai tempat nongkrong dan berfoto. Sehingga fasilitas tidak lagi jadi penentu. Kini, menu racikan kopi menjadi andalan tersendiri bagi kafe. ‘’Racikan kopi dalam negeri dengan perpaduan berbagai resep banyak dipesan,’’ tutur dia.

Karena kebanyakan yang nongkrong lama adalah pesan kopi, kafe pun dituntut inovasi menu racikan kopi. Tentu, racikan tangan barista menjadi daya tarik tersendiri. ‘’Konsumen selalu penasaran dan tertarik dengan menu-menu baru,’’ terang Putri.

Suryono, pengelola kafe lain mengatakan, bersaing menu makanan sudah menjadi hal biasa. Sehingga, kini kafenya mulai mengunggulkan menu baru untuk minuman. Tak tanggung-tanggung, inovasi yang dikeluarkan adalah kopi dengan campuran rasa buah seperti durian dan jeruk. ‘’Kopi sekarang juga banyak disukai wanita, jadi ada tambahan rasa buah agar tidak monoton,’’ jelas pria yang akrab disapa Yono itu.

Menurut dia, kopi dengan racikan sendiri juga menjadi nilai plus bagi kafe. Sebab, kopi bungkus sachet mulai ditinggalkan para penggila kopi yang kerap menghabiskan waktu di kafe. Untuk terus mempertahankan konsumen, terpenting pihak kafe harus mempunyai nilai khas yang berbeda dari tempat tongkrongan lain.

(bj/yud/ds/faa/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia