Selasa, 10 Dec 2019
radarbojonegoro
icon featured
Bojonegoro

Oleh Pria ini, Wayang Karton Tembus Pasar Luar Kota

13 Desember 2017, 19: 52: 01 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

UNIK: Agung sebagai penjual ikut bahagia bisa memasarkan wayang karton karya Mbah Joni hingga ke luar kota.

UNIK: Agung sebagai penjual ikut bahagia bisa memasarkan wayang karton karya Mbah Joni hingga ke luar kota. (Bhagas Dani Purwoko/Radar Bojonegoro)

Share this      

KOTA - Produsen wayang memang tak begitu banyak di Bojonegoro. Apalagi wayang yang menggunakan bahan alternatif yaitu karton. Namun, ternyata wayang tersebut bisa tembus pasar luar kota. Karena harganya yang ekonomis dan bisa dipakai untuk pengenalan salah satu budaya Jawa kepada anak-anak.

Salah satu penjual wayang karton di wilayah Kelurahn Ngrowo, Bojonegoro, Agung Ridwan mengungkapkan, wayang karton memang punya pasar tersendiri.

Peminatnya pun beragam, dari kalangan anak-anak hingga dewasa. ’’Cukup prospektif pasar wayang karton, karena harganya ekonomis," ujarnya.

Harga wayang kulit Rp 100 ribu ke atas. Sedangkan wayang karton tersebut mulai dari Rp 5 ribu hingga Rp 30 ribu, tergantung ukurannya.

Adapun pemasarannya ke sekolah-sekolah dan secara online. ’’Biasanya anak-anak tertarik wayang karton yang kecil harga Rp 5 ribu, ’’ jelasnya.

Selain diminati konsumen lokal, wayang karton juga dikirim ke Solo, Jakarta, Semarang, Yogyakarta, dan sebagainya.

’’Konsumen luar kota rata-rata tertarik uniknya wayang karton, rata-rata konsumen membeli dijadikan pajangan,” paparnya.

Salah satu konsumen wayang karton tersebut, Ilham, mengungkapkan bahwa wayang-wayang karton karya terbilang unik.

Dia pun membeli dua wayang sekaligus, karakter Nakula dan Sadewa. ’’Rencananya wayang karton tersebut akan saya pajang di rumah,’’ jelasnya. 

(bj/gas/haf/bet/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia