Rabu, 19 Jun 2019
radarbojonegoro
icon featured
Blora

Mantan Caleg, Satu Anggota PPS Bakal Dicopot

16 November 2017, 10: 00: 59 WIB | editor : Fa Fidhi Asnan

Pencopotan anggota pps

Ilustrasi pencopotan angota PPS (Fa Vidhi/Radar Bojonegoro)

BLORA - Salah satu panitia pemungutan suara (PPS) ditemukan sebagai mantan calon legislatif (caleg). Petugas PPS itu mantan caleg Partai Nasdem pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2014 lalu. Panitia Pengawas Pemilihan Kabupaten (Panwaskab) Blora merekomendasikan agar memberhentikan anggota PPS tersebut.

Ketua Panwaskab Blora Lulus Mariyonan mengatakan, anggota PPS tersebut atas nama Sumarno, dari Desa Sambeng, Kecamatan Todanan. Meskipun yang bersangkutan telah mengundurkan diri dari parpol pada 2015 lalu, Tapi tetap saja tidak bisa mendaftarkan diri sebagai anggota PPS. 

Karena pengunduran dari keanggotaan partai membutuhkan waktu lima tahun. Tapi, saat ini masih belum lima tahun dan Sumarno sudah mendaftarkan diri sebagai anggota PPS. Dari temuan ini, panwaskab melakukan rapat pleno tindak lanjut temuan pelanggaran dari Panwascam Todanan. 

“Surat rekomendasi pemberhentian telah kami kirimkan kepada KPUK Blora. Tentu, agar bersangkutan diberhentikan sebagai  calon anggota PPS,” tegasnya.

Sebelumnya, Panwascam Todanan telah melakukan klarifikasi terhadap Sumarno. Dan mendapatkan bukti jika memang memiliki kartu anggota parpol dan namanya masuk daftar caleg 2014. Sehingga, nantinya anggota PPS ini bisa digantikan. Terlebih anggota PPS terpilih juga belum dilantik.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten (KPUK) Blora Ahmad Arifin mengatakan, KPUK akan menindaklanjuti temuan ini sesuai rekomendasi dari panwaskab. Tapi, sebelumnya masalah ini akan dibahas dalam rapat pleno di internal KPUK. ''Nanti keputusannya baru muncul setelah rapat pleno,'' ujarnya.

(bj/fud/rij/faa/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia