alexametrics
Selasa, 15 Jun 2021
radarbojonegoro
Home > Bojonegoro
icon featured
Bojonegoro

Penjualan Daging Banyak Kompetitor

11 November 2017, 09: 55: 59 WIB | editor : Fa Fidhi Asnan

daging sapi bojonegoro

SEGAR: Seorang penjual daging sedang menunjukan dagangan nya. (M. Nurcholis/Radar Bojonegoro)

Share this      

BOJONEGORO - Sektor perdagangan semakin dilirik pelaku usaha. Seperti pelaku usaha penyedia daging ayam mulai terjadi kompetisi. Sebab, jumlah pedagang semakin banyak. Tentu, ini berimbas terhadap penurunan permintaan daging ayam setiap pedagang.

Meski persaingan itu terasa wajar dalam mekanisme perdagangan, namun sejumlah pedagang kerap menemukan persaingan sehat dan tidak sehat. Sebab, persaingan ini kebanyakan keterpautan harga daging yang berbeda.

Mirawati, penjual ayam Pasar Sumberrejo, mengungkapkan, permintaan daging ayam tahun ini cenderung turun. Bahkan, tren turun itu sebenarnya sudah terjadi sejak tahun lalu, tapi fasenya berangsur. 

Baca juga: Daya Beli Membaik hingga Akhir Tahun

Sebelumnya, penjual ayam di pasar bisa dihitung dengan jari. Namun, seiring perkembangan zaman, penjual ayam juga terus berdatangan. Sebenarnya persaingan itu bukan menjadi permasalahan serius bagi pedagang, asalkan bisa berjualan dengan ketentuan. 

Artinya, kata Mirawati, harganya bisa sama dengan pedagang lainnya. Tetapi, kebanyakan mereka memiliki harga sendiri. Sehingga, kondisi pasar tidak sehat karena saling menjatuhkan harga. ’’Kalau harganya bisa sama akan lebih mudah,” ujarnya jumat (10/11). 

Terpisah, Kuntini, pedagang lainnya, membenarkan, kondisi pasar saat ini kurang sehat. Di tengah banyaknya persaingan pasar, kondisi menjadi semakin tidak stabil. Selain itu, harga ayam pedaging masih tinggi, meski kondisi pasar cenderung turun. 

Pasca Lebaran, harga ayam masih berkutat antara Rp 27.000 sampai Rp 28.000, bahkan diprediksi sulit turun. Karena harga pakan juga masih tinggi. ’’Jadi, harga masih nyaman di atas,” paparnya.

(bj/rka/rij/faa/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news