Minggu, 23 Jan 2022
Radar Bojonegoro
Home / Lamongan
icon featured
Lamongan

Korsleting, Tempat Limbah B3 Terbakar

07 Desember 2021, 10: 50: 50 WIB | editor : Mohammad Yusuf Purwanto

Korsleting, Tempat Limbah B3 Terbakar

AMANKAN DOKUMEN: Petugas Puskesmas Kalitengah memindahkan berkas dan peralatan medis ke luar gedung karena terjadi kebakaran kemarin. (ANJAR DWI PRADIPTA/RDR.LMG)

Share this      

LAMONGAN, Radar Lamongan – Kebakaran terjadi di tempat limbah B3 Puskesmas Kalitengah kemarin siang (6/12). Kebakaran itu diduga akibat korsleting dari AC.
Seluruh pasien rawat inap dan rawat jalan yang ada di puskesmas tersebut harus dievakuasi untuk mengantisipasi hal – hal yang tidak diinginkan.
‘’Korban jiwa tidak ada. Penafsiran sekitar Rp 10 juta kerugiannya,’’ tutur Kepala UPT Puskesmas Kalitengah, dr Mahzumi, kepada Jawa Pos Radar Lamongan kemarin (6/12).
Dia menjelaskan, sejumlah staf mencium bau asap sekitar pukul 11.00. Selanjutnya, terlihat asap keluar dari bagian AC. Kepulan asap itu muncul mulai dari lorong gudang obat belakang hingga tempat pembuangan limbah B3.
‘’Menyuruh petugas mematikan saluran listrik. Karena asap keluar semakin membesar,’’ terang Mahzumi.
Evakuasi bisa dilakukan dengan cepat karena lima pasien rawat inap tidak menggunakan tabung oksigen.
‘’Sekitar pukul 12.25, petugas damkar datang. Pada saat itu api sudah tertangani dengan bantuan masyarakat, petugas koramil, dan polsek untuk pemadaman apinya,’’ ujar Mahzumi.
 ‘’Kami harus mensikapi untuk menjadi pelajaran. Sehingga nantinya hal yang kurang dibenahi, terutama pemasangan AC harus sesuai standar,’’ imbuh Mahzumi.
Komandan Regu Pemadam Kebakaran Satpol PP Lamongan, Suwanto, menjelaskan, AC tersebut tidak dimatikan selama 24 jam. Kemungkinan, freon habis, sehingga terjadi korsleting.
‘’Posisi titik yang terbakar berada di belakang. Berimbitan karena mungkin keterbatasan lahan,’’ katanya.
Suwanto memastikan, tidak ada korban jiwa dalam insiden kebakaran tersebut. Menurut dia, kebakaran tersebut juga tidak merembet ke peralatan medis, yang berhasil diselamatkan seluruhnya.
‘’Proses pemadamannya tadi hanya sekitar 15 menitan,’’ ujar Suwanto.

Baca juga: Truk Terguling, Sopir Dump Truk Dikejar

Korsleting, Tempat Limbah B3 Terbakar

PASTIKAN SUDAH PADAM: Petugas PMK Lamongan memeriksa kondisi barang - barang yang habis terbakar di Puskesmas Kalitengah. (ANJAR DWI PRADIPTA/RDR.LMG)

(bj/ind/yan/min/JPR)

 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2022 PT. JawaPos Group Multimedia