alexametrics
23.6 C
Bojonegoro
Friday, July 1, 2022

CATEGORY

Opini

Pembentukan Karakter Anak melalui Pembelajaran Olahraga

SEORANG anak diharapkan untuk belajar secara aktif , kreatif sehingga dapat mengembangkan potensi yang ada pada dirinya untuk memiliki kekuatan mental, karakter, kepribadian, pengendalian diri, kecerdasan  dan lain sebagainya yang tidak dapat dijelaskan secara rinci pada saat ini.

Peran Orang Tua pada Pembentukan Karakter

ANAK merupakan anugerah terindah dari Tuhan di dalam kehidupan sebagai manusia. Seorang anak sejak lahir sudah diberi bawaan sebagai bentuk kompetensinya. Orang tua mulai memiliki tanggung jawab untuk membantu anak mengembangkan kompetensi tersebut.  

Peran Sekolah dalam Pembentukan Pelajar Pancasila

PELAJAR Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai siswa sepanjang hayat memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila. Tentu, dengan enam ciri utama, meliputi beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong-royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

Edukasi Berkendara

BERKENDARA-merupakan sarana mengantarkan orang dari suatu tempat ke tempat lain, akhirnya sampai pada tujuan. Hanya, melihat gaya orang berkendara hari ini, didukung jalan “nglenyer” sungguh menghawatirkan utamanya pengendara usia-usia remaja-pemuda.

Perang Badar Melawan Predator Seksual

EDISI Jumat (17 Juni 2022) Jawa Pos Radar Bojonegoro mengulas tentang berita Empat Predator Seksual Diringkus. Kasus berbeda seperti pencabulan, persetubuhan, hingga percobaan pemerkosaan. Saya terkejut ternyata pelakunya merupakan orang terdekat korban. Seperti ayah tiri, adik ipar, teman, hingga tetangga.

Mewaspadai Politisasi Pilkades 2022

RIBUAN desa di negeri ini tahun ini (2022) menggelar pemilihan kepala desa (pilkades). Pilkades kali ini rawan dipolitisasi sedemikian rupa oleh banyak pihak untuk kepentingan politik. Mengingat, pilkades tahun ini mepet dengan Pemilu (besar-besaran) 2024: Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, Pemilu Legislatif, dan Pemilu Kepala Daerah.

Menalar Masalah Sampah di Hari Lingkungan Hidup Sedunia

PERMASALAHAN lingkungan hidup masih berlangsung, khususnya masalah sampah. Masalah yang sangat dekat dengan manusia. Setiap hari manusia menghasilkan sampah, itu artinya setiap hari juga volume sampah di tempat pembuangan akhir meningkat. Lalu kemana larinya sampah-sampah tersebut?

Berharap Jamaah Haji Meruqyah Politisi

AKHIR-akhir ini kian banyak politisi di negeri ini kayaknya perlu diruqyah. Harapannya, pikiran, ucapan, dan perilaku politisi bisa lebih baik. Jika politisi baik, insya Allah, kondisi bangsa berpeluang menjadi lebih baik. Sebaliknya, politisi yang tidak baik malah bikin gaduh. Bikin ruwet. Jadi beban negeri.

Pencitraan Publik di Tahun Politik

SAHWAT (nafsu) berpolitik sejumlah politisi kini sedang menuju ubun-ubun. Nyaris tiada hari mereka tanpa ngomong soal politik, tanpa melakukan kegiatan politik.

Lebaran, Merajut Kembali Ukhuwah Islami

IBARAT bangunan, persaudaraan antarsesama muslim di negeri ini sudah lama retak. Makin lama kian parah. Tidak mustahil,  jika  sumber keretakan itu dibiarkan, bangunan itu bisa roboh. Yang tersisa tinggal puing-puingnya. Jika itu terjadi, orang lain akan bersorak gembira.

Berita Terbaru

/