alexametrics
27.2 C
Bojonegoro
Tuesday, May 24, 2022

Infrasturktur Picu Ekonomi Tahun Depan Lebih Baik

Radar Bojonegoro – Kalangan pengusaha optimistis ekonomi tahun depan lebih baik dibanding tahun ini. Berbagai infrastrutur dibangun pemerintah diprediksi bisa menggairahkan sektor ekonomi. Pemkab Bojonegoro juga mematok target pendapatan asli daerah (PAD) tahun depan lebih tinggi, mencapai Rp 691 miliar.

Sedikit lebih tinggi dibanding tahun ini mencapai Rp 677 miliar Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bojonegoro Much Subekhi mengatakan, para pelaku usaha melihat ekonomi tahun depan lebih optimistis. Sebab, selama pandemi Covid-19 usaha hotel dan restoran masih mampu bertahan.

‘’Meskipun sempat mengalami masa-masa penu runan. Saat ini sudah mulai pulih,’’ ujarnya kemarin. Sektor usaha restoran dan hotel tahun ini memang tumbuh. Data di Badan Pendapatam Daerah (Bapenda) Bojonegoro menunjukkan hal itu. Dari banyak target pajak usaha, hanya hotel dan restoran yang tercapai. Pajak hotel ditarget mencapai Rp 2,7 miliar terealisasi Rp 3,2 miliar.

Baca Juga :  Pemdes Pilang Tak Sanggup Benahi

Sedangkan, pajak restoran dari target Rp 4 miliar terealisasi Rp 5 miliar. Menurut Subekhi, dibangunnya infrastruktur jalan di Bojonegoro akan memberikan dampak positif bagi perkembangan perekonomian tahun depan. Masyarakat yang domisilinya agak jauh dari kota banyak berbelanja ke kota.

‘’Hal itu membuat kalangan pengusaha lebih optimistis tahun depan,’’ ujar pengusaha resto dan hotel tersebut. Bagusnya berbagai infrastruktur juga akan berdampak pada tumbuhnya investasi. Tidak menutup kemungkinan investor luar daerah akan melirik Bojonegoro sebagai salah satu daerah layak investasi usaha. Sebab, infrastruktur jalan saat ini sudah bagus. Sehingga, memudahkan proses distribusi.

‘’Pembangunan sudah dilakukan saat ini saya kira akan berdampak peningkatan ekonomi. Akan muncul industriindustri k