Rabu, 08 Dec 2021
Radar Bojonegoro
Home / Ekonomi Dan Bisnis
icon featured
Ekonomi Dan Bisnis

Harga Cabai Merah Naik, Waspada Cuaca Ekstrem

25 November 2021, 12: 10: 44 WIB | editor : Mohammad Yusuf Purwanto

Harga Cabai Merah Naik, Waspada Cuaca Ekstrem

LOMBOK MERAH: Hasil panen cabai di Desa Pejok, Kecamatan Kedungadem. Petani senang karena harga naik. (M. NURCHOLISH/RDR.BJN)

Share this      

BOJONEGORO, Radar Bojonegoro - Beberapa bulan ini pertanian cabai sedang mulai masa panen. Petani merasa untung, karena harga sempat naik menjadi Rp 20 ribu per kilogram dari harga sebelumnya Rp 18.000. Namun petani masih waspada dengan cuaca ekstrem.
Yono salah satu petani asal Desa Pejok, Kecamatan Kedungadem mengatakan, petani cabai tergabung dalam kelompok tani hutan (KTH) sudah proses memanen. Diperkirakan masa petik sampai akhir November. "Sudah mulai petik sejak seminggu lalu. Kemungkinan akan masih masa petik lagi," katanya kemarin (23/11).
Yono menuturkan, petani merasa untung, meski tidak banyak karena harga cabai di tataran petani berada di kisaran Rp 20 ribu per kilogram. Sedangkan harga sebelumnya kisaran Rp 18.000. "Iya kemarin sempat naik untuk harga cabai kisaran Rp 2.000," tuturnya.
Menurut Yono, petani masih waspada terhadap cuaca ekstrem bisa berdampak pada tanaman cabai. Seperti busuk dan rontok. Sedangkan terkait harga cabai saat ini jika dibanding dengan harga di Surabaya masih terpaut setengah harga.
Kepala Bidang (Kabid) Tanaman Pangan dan Hrotikultura Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Bojonegoro Imam Nur Hamid Arifin menjelaskan, beberapa wilayah sudah panen Oktober lalu. Namun, terkait data November masih belum terekap. "Setiap bulan beberapa wilayah memang sudah panen," tuturnya.
Imam mengimbau agar para petani waspada dengan cuaca ekstrem saat ini sedang melanda. Dapat memengaruhi produksi pertanian tahun ini. (luk)

Baca juga: Tidak Ada Hajatan, Penjualan Lesu

(bj/*/rij/min/JPR)

 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia