Jumat, 03 Dec 2021
Radar Bojonegoro
Home / Lamongan
icon featured
Lamongan

Waspada Kemacetan di Perbatasan Lamongan-Gresik

18 Oktober 2021, 11: 31: 22 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

Waspada Kemacetan di Perbatasan Lamongan-Gresik

RAWAN KEMACETAN : Perbaikan Jalan Nasional Lamongan – Gresik, tepatnya di perbatasan Lamongan-Gresik dimulai. Arus lalu lintas dari arah Lamongan dilakukan contraflow, sehingga rawan terjadi kemacetan. (ANJAR DWI PRADIPTA/RDR.LMG)

Share this      

Radar Lamongan – Meski jadwal pengerjaannya dimulai Jumat lalu (15/10), aktivitas perbaikan jalan nasional Lamongan- Gresik, tepatnya di Desa Pandanpancur Kecamatan Deket Lamongan, mulai mengalami peningkatan kemarin (17/10). Karena alat berat sudah datang dan dimulai pengecoran.

Sehingga kepadatan hingga kemacetan sangat berpeluang terjadi. Terutama hari ini (18/10), saat awal pekan masuk kerja. ‘’Saat ini (kemarin, Red) sudah dilakukan pengerjaan pengecoran jalan,’’ kata KBO Satlantas Polres Lamongan, Iptu Asik.

Menurut dia, pengecoran dimulai dari wilayah Lamongan hingga perbatasan dengan Gresik. Panjangnya sekitar 2,5 Kilometer (Km). Pengecoran baru dilakukan karena menunggu pembangunan saluran air dan menunggu kedatangan alat berat.

Baca juga: Dapat Jatah 43 Ribu Dosis Vaksin Pfizer

Adanya pengecoran jalan sebelah utara, membuat arus lalu lintas harus lewat jalan sebelah selatan. Baik yang dari arah Lamongan maupun Surabaya. ‘’Pengguna jalan dari arah Lamongan dilakukan contraflow sehingga jalan dari arah Surabaya digunakan satu jalur saja,’’ terangnya.

Dengan pengaturan seperti itu, membuat arus lalu lintas menjadi berjalan lebih lambat. Kondisi itu bisa memicu terjadinya kepadatan hingga kemacetan. Sehingga para pengguna jalan diminta untuk bersabar dan tertib mengikuti rambu-rambu yang ada.

‘’Pengguna jalan harus bersabar dan waspada serta tertib bila akan melintas di ruas jalan tersebut,’’ tandas Asik. Menurut dia, untuk menghindari kepadatan di ruas jalan tersebut, para pengguna jalan dari arah Lamongan maupun Surabaya diharapkan memilih jalan alternatif yang ada.

Yang dari arah barat (Lamongan) bisa lewat Sumlaran Sukodadi ke utara hingga Paciran, kemudian lewat jalan deandles hingga masuk tol Manyar Gresik. Juga bisa lewat simpang Adipura ke selatan hingga Mantup kemudian ke timur menuju Cerme Gresik atau Benowo Surabaya.

Sedangkan yang dari timur (Surabaya) bisa lewat cerme kemudian ke barat sampai Mantup dan ke utara sampai Lamongan. Atau lewat Duduk Sampeyan ke selatan hingga Balongpanggang kemudian ke barat menuju Mantup dan ke utara masuk Lamongan.

‘’Bila pengguna jalan bersedia lewat jalan alternatif, tentu akan mengurangi kepadatan di ruas jalan yang diperbaiki tersebut,’’ tukasnya. Dia menambahkan, kepadatan lalu lintas di ruas jalan yang diperbaiki tersebut kemungkinan terjadi pagi ini.

Karena masuk hari Senin, saat masyarakat mulai masuk kerja dan anak-anak masuk sekolah. Terutama dari arah barat (Lamongan).

Sedangkan kalau sore dari arah timur (Surabaya) saat jam pulang kerja/sekolah. ‘’Pengerjaan perbaikan jalan tersebut diperkirakan selama dua bulan,’’ katanya.

(bj/feb/mal/bet/JPR)

 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia