Rabu, 08 Dec 2021
Radar Bojonegoro
Home / Bojonegoro
icon featured
Bojonegoro

Seratus Personel Damkar Digembleng Evakuasi Kecelakaan di Air

15 Oktober 2021, 08: 58: 20 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

Seratus Personel Damkar Digembleng Evakuasi Kecelakaan di Air

PERAHU TERBALIK: Para personel saat berlatih water rescue di Waduk Grobogan Desa Bendo, Kecamatan Kapas, kemarin. Skill penyelamatan di air terus disiapkan (M.NURCHOLIS/RDR.BJN)

Share this      

Radar Bojonegoro - Skill mengevakuasi korban tenggelam menjadi urgen ketika Bojonegoro memiliki ratusan embung dan dilewati Bengawan Solo. Korban tenggelam di perairan kerap terjadi.

Sehingga diperlukan personel memahami water rescue atau pertolongan air. Wilayah Bojonegoro merupakan kabupaten terpanjang dilewati Bengawan Solo. Ada 12 kecamatan dilewati sungai terpanjang di Pulau Jawa ini.

Sementara jumlah embung atau waduk juga ratusan. Berdasar laman Satu Data Bojonegoro jumlah embung di Bojonegoro mencapai 510 titik. Di antaranya 141 berada di tanah Solo Valley, 343 di tanah kas desa, 15 di tanah negara, dan tujuh di tanah pemprov.

Baca juga: 53 Peserta Seleksi CPNS Gugur Lebih Awal

Kemarin (14/10) sekitar 100 personel anggota Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Bojonegoro menjalani water rescue di Waduk Bendo, Kecamatan Kapas. Pemantapan skill ini, para personel juga dilatih power dalam mendayung perahu karet tanpa mesin.

Juga dibekali teknik membalik perahu. Serta teknik memasang dan mengunci mesin perahu hingga teknik menolong dan mengevakuasi korban dari permukaan air. Termasuk, ada tambahan pertolongan pertama pada korban cedera tulang. (cho/rij)

(bj/rij/cho/bet/JPR)

 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia