Rabu, 08 Dec 2021
Radar Bojonegoro
Home / Blora
icon featured
Blora

Upayakan Satu Desa 100 Vaksinasi

Mengejar Capaian Vaksinasi Warga Usia Lanjut

25 November 2021, 12: 51: 15 WIB | editor : Mohammad Yusuf Purwanto

Upayakan Satu Desa 100 Vaksinasi

DIGENJOT: Vaksinasi di Kecamatan Ngawen. Saat ini setiap desa diupayakan 100 vaksinasi. (MAHFUD MUNTAHA/RDR.BLORA)

Share this      

BLORA, Radar Bojonegoro - Setiap desa diharapkan dalam sehari bisa melakukan 100 vaksinasi. Upaya ini agar persentase vaksinasi hingga akhir November ini bisa memenuhi target sekitar 90 persen. Sebab, capaian vaksinasi masih belum memenuhi, terutama sasaran warga usia lanjut.
‘’Saya hitung tadi kalau sampai 30 November nanti, sehari bisa 100 suntikan per desa dikalikan dengan 295 desa dan kelurahan, berarti akan bertambah sekitar 33 persen,’’ kata Bupati Blora Arief Rohman kemarin.
Dia mengatakan, akhir November ini harus ada kenaikan capaian vaksinasi. Dengan capaian vaksinasi di angka 90 persen, tentu Blora bisa turun ke level 1. Capaian ini agar vaksinasi mengutamakan warga usia lanjut.
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Blora Edy Widayat mengatakan, saat ini kasus Covid-19 sudah mulai membaik. Namun, percepatan vaksinasi perlu untuk terus didorong mengingat capaian vaksinasi menjadi salah satu pertimbangan penting penentuan level daerah.
Kalau vaksinasi dosis satu untuk ke level dua harus minimal 60 persen. Sementara, di Blora capaiannya sudah 60,86 persen. Sasaran warga usia lanjut minimal 40 persen untuk turun di level 2. ‘’Kami tinggal 0,4 insya Allah dua hari ini selesai kalau 0,4 sekitar 425 sasaran,’’ ungkap dia.
Edi menegaskan, cakupan vaksinasi bagi usia lanjut di Blora perlu untuk menjadi perhatian bila dibanding daerah lainnya di Jawa Tengah. Jumlah cakupan usia lanjut Blora ada di nomor empat urutan bawah meski sudah 39,35 persen. Sementara daerah lain sudah melaju.
‘’Kami minggu kemarin ada diposisi nomor 9 di bawah, sekarang nomor 4 dari bawah,’’ keluhnya.
Saat ini pemkab mengejar cakupan vaksinasi bagi usia lanjut. Edi menambahkan untuk mencapai capaian vaksinasi itu di angka 60 persen, dibutuhkan sekitar 20 ribu sasaran.

Baca juga: DPRD Sudah Terima Surat, KPUK Pilih Menunggu

(bj/fud/rij/min/JPR)

 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia