29.3 C
Bojonegoro
Wednesday, November 30, 2022

CATEGORY

Opini

Medhayoh

MEDHAYOH adalah istilah budaya Jawa berarti bertamu. Namun, tidak sekadar bertamu, di mana seseorang datang ke rumah saudara atau orang lain secara fisik. Medhayoh bertemunya hati seseorang dengan saudara atau orang lain, baik memiliki tujuan penting sampai sekadar tilik dulur. Atau sekadar mampir karena kebetulan lewat rumahnya.

Tantangan Santri Masa Kini

HARI Santri Nasional (HSN) ditetapkan sejak tujuh tahun lalu. Tepatnya, 15 Oktober 2015 oleh Presiden Joko Widodo. Tanggal 22 Oktober ditetapkan sebagai HSN, merujuk digelorakannya Resolusi Jihad oleh KH Hasyim Asy’ari melawan pasukan Inggris di Surabaya pada 1945.

Filosofi KHD, Upaya Redam Gejolak Siswa

SATU peristiwa menghebohkan jagat dunia pendidikan beberapa hari lalu, Senin (17/10) di SMAN 1 Turen Kabupaten Malang. Demonstrasi siswa menghendaki turunnya kepala sekolah (Kasek). Mengutip pemberitaan media jatim. jpnn.com berjudul ‘Demo Siswa SMA 1 Turen Tuntut Mutasi Kepala Sekolah, Aturan Aneh Jadi Pemicu’. Media nasional lainnya juga memberitakan siswa demo di sekolah terkait kepemimpinan Kasek karena dinilai arogan. Kejadian ini menjadi catatan tersendiri Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur.

Santri Berprestasi, Pesantren Keren

UMUMNYA, pondok pesantren berawal beradanya seorangn kiai di suatu tempat. Datang santri, akan belajar ilmu agama kepadanya. Makin hari makin banyak santri datang, timbulah inisiatif mendirikan pondok atau asrama di samping rumah kiai. (Majid, 1977:5)

Menyoal Kesehatan Perempuan

BEBERAPA waktu lalu, masyarakat Bojonegoro dihebohkan penemuan seorang bayi perempuan. Belum diketahui apa sebenarnya motif penelantaran bayi, karena sampai dengan hari ini belum juga ditemukan orang tua si bayi rela meninggalkan bayi mungil kedinginan di gelapnya malam. Miris, saat orang lain merindukan buah hati namun orang dipercaya dapat melahirkan seorang anak justru menyiakan.

Nasionalisme Bola, Menguatkan Solidaritas

DUNIA sepak bola tanah air kembali kelabu. Tragedi Kanjuruhan 1 Oktober 2022 lalu merenggut 131 nyawa perlu mendapatkan perhatian. Artinya, bagaimana idealnya agar permasalahan bola bukan hanya tontonan, bukan hanya kisruh suporter. Tetapi juga solidaritas dan nasionalisme bola. Pertandingan sepak bola yang menyatukan semangat membangun keindonesiaan.

Deklarasi Capres dan Politik di Daerah

DEKLARASI Partai Nasdem (3 Oktober 2022) yang akan mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden layak dianggap sebagai langkah berani. Mengingat, tahapan resmi pencalonan presiden Pemilu 2024 baru akan dibuka Oktober 2023. Masih satu tahun lagi. Delapan parpol yang lain juga belum ada yang mendeklarasikan calonnya.

Masyarakat Samin dan Kesadaran Perpajakan

KERETA itu melaju dari Stasiun Cepu menuju Stasiun Gambir, Jakarta. Pertengahan 1963, Surokarto Kamidin, sesepuh masyarakat Samin atau Sedulur Sikep Dusun Jepang, Desa Margomulyo, Kecamatan Margomulyo, Bojonegoro hendak bertemu Presiden Soekarno. Setelah menempuh perjalanan sehari semalam dengan kereta berlokomotif diesel, tibalah ia di Jakarta. 

Menghadapi Krisis Pangan Sejak dari Keluarga

SAAT ini dunia sedang menghadapi krisis pangan, termasuk Indonesia. Ditandai dengan harga pangan yang terus merangkak naik. Kondisi itu disebabkan produksi pangan semakin menurun, sedangkan kebutuhan pangan semakin meningkat seiring dengan peningkatan jumlah penduduk. Kondisi itu diperparah dengan perubahan iklim yang semakin ekstrem, yang membuat proses budidaya tanaman pangan mengalami hambatan.

Tantangan Memerdekakan Kemiskinan

SETELAH 77 tahun Kemerdekaan Indonesia, tampaknya masih banyak masyarakat masih hidup di bawah garis kemiskinan. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah penduduk miskin pada Maret 2022 sebesar 26,16 juta orang atau sebesar 9,54 persen dari total penduduk Indonesia. Capaian ini menurun 0,60 persen poin jika dibanding kondisi Maret 2021. Namun, masih lebih tinggi jika dibandingkan dengan kondisi sebelum pandemi.

Berita Terbaru

Raperda Pesantren di Meja DPRD

APBD 2023 Ditetapkan Rp 2,2 Triliun

Pamerkan Busana dari Batik Blora

Dijanjikan Penerbangan Tahun Depan

/