Senin, 20 May 2019
radarbojonegoro
icon featured
Tuban
Pelunasan BPIH Tahap I dan II

896 Jamaah Siap Berangkat ke Tanah Suci

Jumlah CJH Masih Mungkinkan Bertambah dan Ber

15 Mei 2019, 11: 00: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

Ilustrasi

Ilustrasi (AINUR OCHIEM/JAWA POS RADAR BOJONEGORO)

 TUBAN – Jumlah calon jamaah haji (CJH) asal Tuban bertambah menjadi 896 orang. Itu menyusul pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) tahap II untuk lansia, pendamping, penggabungan suami-istri, serta cadangan pada Jumat (10/5).

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Tuban Umi Kulsum mengatakan, tidak semua jamaah yang masuk dalam kuota pelunasan BPIH tahap II melakukan pelunasan.

Kuota untuk lansia, pendamping, serta penggabungan suami-istri, misalnya. Dari kuota yang tersedia sebanyak 110 orang, tiga orang tidak melunasi. Sedangkan untuk kuota cadangan, dari 37 kuota yang tersedia, hanya 31 orang yang melunasi. ‘’Totalnya 138 jamaah,’’ katanya kepada Jawa Pos Radar Tuban.

Meski demikian, Umi panggilan akrabnya, belum bisa memastikan, berapa jumlah CJH asal Tuban yang berangkat ke Tanah Suci pada tahun ini. Itu karena masih ada kemungkinan jumlah CJH yang sudah melunasi BPIH  tahap I dan II kembali berubah. Itu menyusul masih adanya kemungkinan mutasi jamaah, baik keluar (jamaah Tuban ke daerah lain) maupun masuk (dari daerah lain masuk ke Tuban).

Selain itu, lanjut Umi, juga masih menunggu kepastian kuota tambahan 10 ribu dari Kementerian Agama (Kemenag) RI yang sampai saat ini belum diumumkan pembagiannya. ‘’Apakah Tuban masih dapat tambahan porsi atau tidak. Jika iya (dapat tambahan, Red), tentu jumlah jamaah asal Tuban akan kembali bertambah sesuai porsi yang diterima,’’ terang ketua PC Fatayat NU Tuban itu.

Sekadar diketahui, pada tahap awal kuota jamaah haji yang diterima Kabupaten Tuban sebanyak 815 orang. Namun, dalam perjalanannya hanya 758 orang yang melakukan pelunasan BPIH tahap I. Selebihnya, batal berangkat dengan berbagai alasan. Mulai dari menunggu mahrom, sakit, dan alasan yang lain. Selanjutnya, pada tahap II kembali mendapat kuota tambahan untuk lansia, pendamping, penggabungan suami-istri dan cadangan sebanyak 147 orang. Dari jumlah kuota tambahan pada pelunasan BPIH tahap II  tersebut, hanya 138 orang yang melunasi. Selebihnya tunda. (tok/ds)

(bj/tok/ds/yan/min/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia