Senin, 20 May 2019
radarbojonegoro
icon featured
Lamongan

TPS Sumargo ditutup

12 Mei 2019, 11: 00: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

DITUTUP: TPS Sumargo resmi ditutup bulan lalu, setelah sebelumnya TPS Jetis.

DITUTUP: TPS Sumargo resmi ditutup bulan lalu, setelah sebelumnya TPS Jetis. (ANJAR DWI PRADIPTA/JAWA POS RADAR LAMONGAN)

KOTA - Rencana pengurangan tempat pembuangan sementara (TPS) terus berlanjut. Setelah TPS Jetis ditutup, bulan lalu giliran TPS Sumargo.

‘’Kami tutup satu-satu, seiring dengan dibangunnya tempat pengolahan sampah terpadu (TPST),’’ terang Kabid Persampahan dan Limbah B3 Lamongan, Puji Nawatiningsih.

Sebelumnya, Lamongan memiliki empat TPS. Yakni, TPS Jetis, Sumargo, Pahlawan, dan Kusuma bangsa. Nah, karena lokasi TPS dekat dengan pemukiman penduduk sehingga secara bertahap TPS kota akan dikurangi.

Dia menjelaskan, proses pembangunan TPST sudah tuntas. Bulan ini masih tahap pemasangan alat dan instalasi listrik. Setelah itu, baru uji coba dan kemudian bisa difungsikan. Menurut Puji, adanya TPST ini akan mengurangi tonase sampah TPA. Setelah TPS ditutup maka seluruh sampah dialihkan ke TPA. Akibatnya TPA penuh dan mengakibatkan bau menyengat.

Karena itu, dalam waktu dekat TPST akan segera dibuka supaya sampah yang dibawa ke TPA hanya jenis residu. Sejauh ini, sampah yang masuk ke TPA masih bercampur antara rumah tangga dan residu. Sehingga banyak pemilah melakukan kegiatannya di TPA. ‘’Karena sampah dipilah-pilah di TPA, sehingga baunya menyebar,’’ kata dia.

Puji menuturkan, adanya TPS sebenarnya cukup membantu sebagai pangkalan sampah kota. Karena produksi sampah kota melimpah. Petugas tidak mungkin langsung membawa ke TPA. Biasanya dikumpulkan dulu. Tapi karena TPS ini mendapat keluhan warga sehingga satu-satu ditutup dan ritase pembuangan ke TPA ditambah.

Puji mengklaim, meski ritase ditambah biasanya masih ada yang membuang ke TPS sekitar. Sehingga menambah beban kerja lainnya. Namun, dia tidak bisa menyalahkan karena minimnya tenaga pengangkut sampah. Jadi mereka mencari upaya termudah.

(bj/rka/wid/yan/jar/min/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia