Senin, 20 May 2019
radarbojonegoro
icon featured
Bojonegoro

Penumpang Landai, Pemudik Mulai H-10

12 Mei 2019, 10: 15: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

BELUM PADAT: Kondisi terminal bus Rajekwesi saat penurunan penumpang dari Surabaya (11-5) terlihat masih belum padat.

BELUM PADAT: Kondisi terminal bus Rajekwesi saat penurunan penumpang dari Surabaya (11-5) terlihat masih belum padat. (M. NURCHOLISH/JAWA POS RADAR BOJONEGORO)

BOJONEGORO - Arus penumpang bus di Terminal Rajekwesi masih landai. Awal puasa ini belum terlihat ada peningkata. Sebaliknya, peningkatan arus penumpang diprediksi baru mulai pada H-10 Lebaran nanti.

‘’Awal-awal puasa seperti ini masih sepi,’’ kata Kepala Terminal Rajekwesi Sentot Sugeng Waluyo kemarin (11/5).

Masih sepinya terminal karena momen mudik Lebaran masih belum mulai. Sebab, masih awal puasa. Selain itu, pada Pemilu 17 April lalu banyak orang sudah mudik. Sehingga, para pemudik baru akan mudik menjelang Lebaran nanti. Sebab, jaraknya terlalu dekat antara pemilu dan Ramadan.

Menurut dia, saat ini arus penumpang masih landai. Bahkan, lebih sepi dibanding biasanya. Itu karena belum ada momen yang khusus bulan ini. ‘’Kalau puasa biasa seperti ini,’’ jelasnya.

Sentot memprediksi, tahun ini arus penumpang bus sama dengan tahun lalu. Artinya, tidak ada lonjakan drastis penumpang. ‘’Tahun lalu meningkat. Tapi masih wajar kok,’’ jelasnya.

Saat ini moda transportasi mudik sudah tersedia berbagai macam. Mulai kendaraan pribadi hingga mudik menggunakan kereta api (KA). ‘’Menurunnya penumpang bus karena saat ini banyak tersedia pilihan,’’ ujarnya.

Dalam waktu dekat, sejumlah pemeriksaan sudah diagendakan polres dan dinas perhubungan. Yakni, pemeriksaan kondisi kendaraan dan pemeriksaan kesehatan awak bus. ‘’Itu akan dilakukan 22 Mei rencananya,’’ jelasnya.

Sebelumnya, polres juga sudah melaksanakan sosialiasi keselamatan pada awak bus. Itu dilakukan minggu lalu.

(bj/zim/rij/yan/cho/min/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia