Minggu, 21 Apr 2019
radarbojonegoro
icon featured
Tuban

KPU Memilih Bersikap Tenang

Terkait Kekurangan Surat Suara Belum Diterima

17 Maret 2019, 11: 45: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

ilustrasi

ilustrasi (AINUR OCHIEM/JAWA POS RADAR BOJONEGORO)

TUBAN – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten (KPUK) Tuban tinggal menyisakan waktu dua pekan dalam menyiapkan logistik surat suara pemilu 2019.

Sesuai target yang telah ditetapkan, pengiriman surat suara ke masing-masing kecamatan atau panitia pemilihan kecamatan (PPK) dijadwalkan akhir bulan ini. Namun, hingga pertengahan bulan ini, kekurangan surat suara dari pihak percetakan untuk wilayah pemilihan Kabupaten Tuban masih belum dipenuhi. Padahal, jumlahnya masih cukup banyak. Separo lebih dari total kebutuhan yang ada.

Sebagaimana diketahui, dari total kebutuhan surat suara untuk pemilu presiden (pilpres), DPR RI, DPD, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten yang mencapai 4.801.865 lembar, baru 2.355.328 lembar atau sekitar separo yang diterima KPUK Tuban. Rinciannya, sebanyak 960.373 lembar untuk masing-masing DPR RI dan DPRD provinsi. Selanjutnya, surat suara untuk DPRD kabupaten daerah pemilihan (dapil) satu 120.000 lembar, dapil dua 170.582 lembar, dan dapil empat 144.000 lembar.

Kendati demikian, KPUK Tuban memilih untuk tetap bersikap tenang dalam menyikapi kekurangan logistik surat suara yang belum diterima tersebut. Menurut ketua KPUK Tuban Kasmuri, saat ini KPU secara nasional masih dalam tahapan pengadaan dan distribusi logistik pemilu. Artinya, secara nasional masih dalam kategori penyelesaian tahapan logistik. Tidak terlambat.

‘’Secara nasional prosesnya memang masih dalam tahap pengadaan (mempersiapkan, Red) logistik,’’ katanya sekaligus menegaskan bahwa saat ini masih dalam tahap mempersiapkan.

Bagaimana dengan waktu sesuai target yang tinggal dua pekan? Kasmuri tetap yakin, proses tahapan pengadaan logistik surat suara ini akan berjalan sesuai target. ‘’Kami punya keyakinan tahapan ini akan selesai sesuai jadwal,’’ katanya optimis.

Lebih lanjut Kasmuri menyampaikan, hasil koordinasi dengan pihak percetakan, kekurangan surat suara pemilu untuk KPUK Tuban akan dipenuhi pada minggu depan.

‘’Hasil koordinasi yang kami lakukan, insya Allah Senin (18/3) besok sisa kekurangan surat suara untuk pileg kabupaten akan dipenuhi,’’ katanya.

Namun, lagi-lagi masih belum bisa memastikan, apakah akan dipenuhi secara keseluruhan atau kembali bertahap seperti pengiriman sebelumnya.

(bj/tok/wid/yan/ai/min/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia