Minggu, 24 Mar 2019
radarbojonegoro
icon-featured
Bojonegoro
Merebut Hati Milenial

Ciri Pemilih Milenial

14 Januari 2019, 15: 44: 45 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

Ilustrasi

Ilustrasi (Ainur Ochiem/Jawa Pos Radar Bojonegoro)

BOJONEGORO - Generasi milenial punya cara berpikir tersendiri. Cara berpikir mereka jauh sekali dengan generasi-generasi sebelumnya. Apalagi, dengan generasi orang tuanya. Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas PGRI Ronggolawe Satya Irawatiningrum mengatakan, jika mengacu pendapat Tapscott ada tiga pembagian generasi, yakni generasi X (1965-1976), generasi Y (1977-1997), dan generasi Z (1998-sekarang).

Artinya, generasi milenial berumur antara 17-37 tahun. Generasi ini sangat berbeda dari generasi sebelumnya, terutama dalam penguasaan teknologi.

Menurut Ira, sapaan akrabnya, para generasi milenial itu lebih akrab dengan dunia maya. Khususnya penggunaan media sosial. Generasi milenial memiliki ciri khas tersendiri. Mereka adalah anak kandung internet. 

Dia mengungkapkan, ada beberapa ciri dari generasi milenial. Secara umum, ini adalah generasi yang melek terhadap informasi. Sehingga, sadar betul mana informasi yang tepat untuk dirinya dan tidak untuk dirinya. 

“Jadi mereka cukup tahu mana pilihan politik yang tepat untuk dirinya,” kata lulusan magister ilmu komunikasi UNS Surakarta itu. 

Ira melanjutkan, meski anak-anak milenial cukup tahu tentang informasi bisa saja mereka cenderung apatis. Maksudnya, mereka bisa enggan turut memilih karena memang dia lebih suka dengan dunia sendiri. 

“Ini yang memang dikhawatirkan. Mereka merasa jenuh dengan polemik,” tandasnya.

(bj/gas/msu/aam/bet/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia