Selasa, 26 Mar 2019
radarbojonegoro
icon featured
Bojonegoro

Kawasan Paakri Selatan Bakal Jadi Taman

05 Januari 2019, 08: 25: 59 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

Kawasan Paakri Selatan Bakal Jadi Taman

Kawasan Paakri Selatan Bakal Jadi Taman (M. Nurcholis/Jawa Pos Radar Bojonegoro)

BOJONEGORO - Aset PT Kereta Api Indonesia (KAI) di kawasan paakri bagian selatan di Jalan Teuku Umar, Bojonegoro, akan difungsikan. Hanya, rencananya dibangun taman terbuka hijau (RTH). Gagasan ini setelah dirut PT KAI bertemu Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah Jumat (4/1).

Kawasan itu lama tidak digunakan sejak ditertibkan 2014 lalu. Kawasan itu kini tidak terpakai dan ditutupi pembatas sehingga ditumbuhi semak belukar. Bahkan, di trotoar sudah digunakan pedagang kaki lima (PKL).

“Banyak aset di KAI bisa dikerjasamakan dengan pemkab. Agar bisa memberikan fasilitas pada masyarakat,” ujar Dirut PT KAI Edi Sukmoro di rumah dinas (rumdin) bupati kemarin.

Kawasan itu, rencananya akan dijadikan kawasan terbuka hijau. Sehingga, bisa dijadikan fasilitas publik yang bisa dinikmati masyarakat. Rencana menjadikan taman kawasan itu sebelumnya sudah lama dicetuskan. Namun, hingga kini masih belum terlaksana. 

Selain membahas pembangunan kawasan terbuka hijau, lanjut Edi, pertemuan kemarin juga membahas jalur KA Bojonegoro-Jatirogo. Namun, pengaktifkan jalur itu belum ada rencana dari PT KAI. Sebab, termasuk jalur mati. 

“Itu sebenarnya adalah domain pemerintah. Tapi apapun untuk kepentingan banyak orang harus kita dukung,” jelasnya.

Edi menjelaskan, PT KAI dan Pemkab Bojonegoro akan mengembangkan potensi angkutan barang dan angkutan penumpang. Menurut dia, jika memang kebutuhan masyarakat terhadap kereta barang dan penumpang tinggi, tidak menutup kemungkinan kereta tersebut akan dioperasikan. 

“Kami berharap KAI dapat berkontribusi menggiatkan dan memajukan pertumbuhan perekonomian masyarakat di Bojonegoro. Tentu, melalui moda transportasi kereta api,” jelasnya. 

Bupati Anna Mu’awanah menjelaskan, pemkab akan segera membuat tim teknis. Dari pemkab, tim teknisnya adalah asisten dua. “Kita akan realisasi  MoU (penandatangan kerja sama) ini. Semuanya akan kita tata,” jelasnya.

(bj/cho/zim/rij/bet/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia