Jumat, 18 Jan 2019
radarbojonegoro
icon featured
Bojonegoro

Kali Gandong Meluap, Dua Desa Banjir

27 Desember 2018, 09: 20: 59 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

TERTUTUPI AIR: Jalan Kepohbaru-Kedungadem tergenang air banjir luapan Kali Gandong. Air juga merendam sekolah dan sawah.

TERTUTUPI AIR: Jalan Kepohbaru-Kedungadem tergenang air banjir luapan Kali Gandong. Air juga merendam sekolah dan sawah. (Muhdany Y. Laksono/Jawa Pos Radar Bojonegoro)

BOJONEGORO - Tingginya curah hujan mengakibatkan Kali Gandong meluap. Akibatnya, banjir terjadi di dua desa. Yakni, Desa Pohwates, Kecamatan Kepohbaru, dan Desa Mejuwet, Kecamatan Sumberrejo. Banjir tidak menggenangi rumah warga. 

Namun, luapan air menggenangi jalan poros Kecamatan Kepohbaru-Kedungadem turut Desa Pohwates. Luapan air juga memicu genangan terjadi di SDN Mejuwet 2, TK, lapangan, makam, serta sawah milik warga. Banjir terjadi pukul 03.00 kemarin (26/12) hingga siang belum surut. 

“Sawah yang tergenang sekitar 20 hektare. Semua siap tanam,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro Nadif Ulfia.

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Eko Susanto menambahkan, sejak pukul 03.20 tim reaksi cepat (TRC) sudah diterjunkan ke lokasi untuk tindakan penyelamatan dan assesmen. Seperti kerusakan infrastruktur, mengalkulasi kerugian sawah. Juga, memastikan kondisi kesehatan masyarakat. Serta penyelamatan hewan ternak. 

Dia mengatakan, hingga kemarin siang, belum bisa memastikan jumlah korban dan kerugiannya. Luapan Kali Gandong ini karena saluran irigasi tidak mampu menampung aliran dan resapan air. ‘’Aliran air dari Sukosewu masuk ke Kedungadem. Air dari anak sungai Balen juga masuk ke Kedungadem. Akibatnya air meluap hingga Desa Pohwates dan Desa Mejuwet,’’ ujar Eko.

Curah hujan tinggi juga memicu banji di Dusun Kaliklampok, Desa Bobol, Kecamatan Sekar, pukul 16.00 Selasa (25/12) lalu. Banjir di Desa Bobol, mengakibatkan beberapa rumah milik warga RT 18 RW 06 tergenang. Hujan sejak pukul 14.00 dan pukul 16.00 terjadi banjir. Warga sempat panik dan menyelamatkan barang-barang dan hewan ternak.

Selain banjir, sekitar pukul 04.50 kemarin juga terjadi pohon tumbang di wilayah Desa Paldaplang, Kecamatan Ngasem. TRC BPBD Bojonegoro telah mengeksekusi pohon tumbang. (din/)

(bj/*/gas/rij/bet/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia