Jumat, 14 Dec 2018
radarbojonegoro
icon featured
Blora

Hormat Leluhur, Ziarah ke Makam Bupati Terdahulu 

Jumat, 07 Dec 2018 10:00 | editor : Ebiet A. Mubarok

KHIDMAT : Bupati dan wakilnya sedang berziarah ke makam leluhur.

KHIDMAT : Bupati dan wakilnya sedang berziarah ke makam leluhur. (Humas Pemkab Blora for Radar Blora )

BLORA – Bupati Blora Djoko Nugroho dan Wakil Bupati Arief Rohman berziarah ke makam bupati terdahulu, kemarin (6/12). Ziarah mulai pukul 07.00 di kompleks Makam Tirtonatan Desa Ngadipurwo, Kecamatan Blora. Di pemakaman ini terdapat peristirahatan terakhir delapan Bupati Blora terdahulu. 

Usai di Makam Tirtonatan, kemudian, dilanjutkan ke kompleks Makam Sunan Pojok. Sang Sunan bersama anaknya pernah menjabat sebagai Bupati Blora semasa Kerajaan Mataram Islam. Selanjutnya, rombongan menuju ke Kecamatan Cepu. Yakni, ke Makam Basuki Widodo Bupati Blora 1999-2007. Almarhum merupakan kakak kandung Bupati Djoko Nugroho.

“Kegiatan ini sebagai wujud penghormatan kami terhadap leluhur dan para bupati terdahulu yang telah memimpin Blora,” kata Kokok, sapaan Djoko Nugroho.

Dia mengatakan, ziarah menjadi kegiatan pembuka dalam peringatan hari jadi ke-269 yang puncaknya akan diperingati pada Selasa (11/12) dengan Kirab Budaya.

“Tengah malam nanti akan dilanjutkan dengan Kirab Pusaka di Pendapa Kabupaten Blora,” terang dia. 

Selain ketiga tempat tersebut, ziarah dilakukan rombongan lain di Makam Mr. Iskandar. Yakni, Bupati Blora 1945-1948 yang ada di Makam Keluarga Prawirodirjan utara gudang banyu. Makam Janjang yang ada di Desa Janjang, Kecamatan Jiken pun turut dikunjungi.  

Dua hari sebelumnya, telah dilaksanakan ziarah makam para bupati terdahulu yang berada di luar kota. Seperti di Tuban, Semarang, Solo, dan Temanggung.

(bj/aam/bet/JPR)

 
Jawa Pos Digital
E-Paper
Most Read
 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia