Jumat, 14 Dec 2018
radarbojonegoro
icon featured
Tuban

Warga Protes Trotoar Rusak

Rabu, 05 Dec 2018 16:55 | editor : Ebiet A. Mubarok

PROTES: Papan kritik yang dipasang warga di trotoar rusak di Jalan Panglima Sudirman.

PROTES: Papan kritik yang dipasang warga di trotoar rusak di Jalan Panglima Sudirman. (Yudha Satria Aditama/Jawa Pos Radar Tuban)

TUBAN – Perlakuan Pemkab Tuban terhadap trotoar dan drainase di sepanjang Jalan Basuki Rachmad   memancing kecemburuan masyarakat. Betapa tidak, ketika infrastruktur di jalan protokol ini rutin diperbarui, trotoar di jalan protokol lainnya justru ditelantarkan.

Tak salah warga di Jalan Panglima Sudirman memprotes atas perlakuan yang diterima. Dua hari terakhir mereka memasang papan bernada protes karena sejumlah titik trotoar di sepanjang Jalan Panglima Sudirman dibiarkan rusak parah. Salah  satunya trotoar di depan SMPN 6 Tuban. Papan berukuran 50 x 30 sentimeter (cm) itu bertuliskan Awas Lubang, APBD Belum Cair!.

Sejumlah warga sekitar mengatakan, trotoar berlubang tersebut kerap ''memangsa'' warga yang melintasinya. Begitu juga keramiknya yang hancur.  Tak sedikit warga yang terperosok dan terantuk trotoar, terluka kakinya. ‘’Sudah lama trotoar dan keramik yang hancur ini tidak terurus,’’ ujar Agus, salah satu pemilik bengkel tak jauh dari SMPN 6 Tuban. 

Kabid Air Minum dan Sanitasi Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (DPRKP) Tuban Juli Wibowo mengakui, trotoar sepanjang Jalan Panglima Sudirman belum masuk proyek perbaikan dalam waktu dekat. Setelah perbaikan drainase dan trotoar di Jalan Basuki Rachmad, kata Juli, tahun depan diagendakan perbaikan trotoar di Jalan Sunan Kalijaga dan Jalan Pramuka. ‘’(Perbaikan) di jalan Panglima Sudirman belum ada anggarannya,’’ tutur dia.

Terkait protes tertulis warga, Juli mengagendakan perbaikan sementara di sejumlah titik trotoar di Jalan Panglima Sudirman yang rusak parah. Menurut dia, perbaikan trotoar dan drainase saat ini menjadi salah satu fokus bidangnya dalam menata kota. Harapannya, perbaikan tidak hanya memperindah trotoar saja, namun juga mampu memaksimalkan fungsi drainase agar optimal dalam menyerap air hujan.

(bj/yud/ds/bet/JPR)

 
Jawa Pos Digital
E-Paper
Most Read
 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia