Jumat, 14 Dec 2018
radarbojonegoro
icon featured
Bojonegoro

Dorong Perempuan Memimpin UKM Berkualitas

Kamis, 15 Nov 2018 21:44 | editor : Ebiet A. Mubarok

Dorong Perempuan Memimpin UKM Berkualitas

BOJONEGORO - Pelaku usaha perempuan didorong lebih memperluas kapasitas dan jejaring. Hal itu diberikan kepada pelaku usaha yang mengikuti Festival Inspirasi Perempuan, kemarin (15/11). Festival ini rangkaian pelatihan 21 perempuan pengusaha yang mendapatkan pelatihan intensif dalam bidang manajemen usaha. Termasuk pengelolaan keuangan dan sumber daya, serta kecakapan peningkatan kualitas dan kuantitas produk melalui pola pemasaran yang tepat.  

Festival Inspirasi Perempuan ini turut hadir Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah serta President ExxonMobil Indonesia Louise McKenzie. “Ketika kita memberdayakan kaum perempuan, kita membangun peradaban,” ucap Louise.

Menurut dia, ExxonMobil Indonesia mewujudkan dukungan kepada pemberdayaan perempuan melalui banyak program. Salah satunya melalui kepemimpinan perempuan. 

Sebelumnya, 21 perempuan mengikuti pelatihan digelar 9 sampai 13 April 2018. Perempuan tersebut merupakan pelaku usaha mulai kerajinan kayu sampai usaha ternak. 

Pelatihan bertajuk Pemberdayaan Ekonomi Perempuan Unggulan ini merupakan pelatihan kedua dari prakarsa Bersama Ikatan Wanita Indonesia Memimpin (IWIM) bersama ExxonMobil Indonesia yang didukung SKK Migas. 

Thilma Komaling dari IWIM mengatakan, masalah yang timbul dari kepemimpinan perempuan lebih rumit dari sekedar mengatur usaha atau menjalani karir. 

‘’Perempuan perlu menjadikan dirinya sebagai pandu untuk keluarga dan komunitas sekitarnya. Hal inilah secara terperinci kami siapkan melalui modul pembelajaran ringan namun tepat sasaran,’’ ujarnya. 

Menurut dia, dua hal kunci membuat program ini unik adalah peningkatan kapasitas dalam pelatihan dan penguatan jejaring melalui acara festival. ‘’Kami berharap, dari Bojonegoro, gaung dan pesan wanita Indonesia memimpin dapat menjadi tonggak inspirasi masyarakat Indonesia,” jelasnya.

Festival Inspirasi Perempuan digelar di Pendapa Malowopati Bojonegoro. Para pengunjung secara bebas berkonsultasi mengenai usaha. Beberapa topik diusung di antaranya investasi dan manajemen keuangan, sosial media, dan konten pemasaran online serta pemantapan kapasitas dalam kepemimpinan. 

Konsultasi akan dilaksanakan para mitra. Di antaranya BNI 46, Koperasi Mitra Dhuafa, ukmindonesia.id dan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja - Disperinaker Bojonegoro.

(bj/rij/aam/bet/JPR)

 
Jawa Pos Digital
E-Paper
Most Read
 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia