Sabtu, 15 Dec 2018
radarbojonegoro
icon featured
Bojonegoro

Semua Cuci Mobil Belum Miliki IPAL

Kamis, 15 Nov 2018 08:50 | editor : Ebiet A. Mubarok

cuci mobil

cuci mobil (Istimewa)

BOJONEGORO - Tempat cuci mobil dan motor di Kota Ledre sangat banyak. Namun, hampir semuanya belum memiliki instalasi pengolahan air limbah (IPAL). Kondisi ini disayangkan karena limbah pencucian bisa berdampak lingkungan. 

Tidak hanya masalah IPAL, pemilik usaha juga belum banyak yang mengurus izin usaha. “Belum ada satu pun tempat cuci motor ataupun mobil di Bojonegoro yang memiliki IPAL,” kata Kabid Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bojonegoro Muhayana kemarin (14/11). 

Menurut dia, keberadaan IPAL sangat penting. Terutama bagi usaha berurusan dengan lingkungan dan kepentingan publik. Tidak adanya IPAL, tentu berpotensi buruk. Terutama terhadap lingkungan sekitar tempat usaha. Bahkan, pelaku usaha itu belum ada satupun yang mengurus izin ke DLH. 

Muhayana memperkirakan, jumlah tempat cuci kendaraan, dari yang kecil hingga besar, sekitar 25 tempat usaha. Sampai saat ini belum ada data pasti. Mengingat, belum ada satupun tempat usaha melapor ke pihaknya. “Sudah kerap kita sosialisasikan, tapi tidak ada respons,” ungkapnya. 

Berdasar data Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Bojonegoro, sampai saat ini, jumlah tempat usaha cuci mobil atau motor yang kooperatif membayar pajak hanya sembilan tempat usaha saja. Selebihnya, tidak jelas. 

Kabid Pajak Daerah Bapenda Dilli Tri Wibowo mengatakan, dari banyaknya tempat usaha cucian, yang benar-benar membayar pajak hanya ada sembilan. “Yang bayar dan terdata hanya sembilan saja,” bebernya. 

(bj/zky/rij/bet/JPR)

 
Jawa Pos Digital
E-Paper
Most Read
 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia