Jumat, 14 Dec 2018
radarbojonegoro
icon featured
Bojonegoro

Wow, Jumlah Pengangguran Tembus 24 Ribu Orang

Kamis, 15 Nov 2018 08:20 | editor : Ebiet A. Mubarok

Job Fair di Islamic Center

Job Fair di Islamic Center (M. Nurcholish/Jawa Pos Radar Bojonegoro)

BOJONEGORO - Tingkat pengangguran terbuka (TPT) Bojonegoro sekitar 24 ribu orang atau 3,88 persen. Jumlah tersebut masih bisa bertambah tiap tahun. Sebab, lulusan SMA/SMK tiap tahunnya sekitar 6.900 orang. 

“Data TPT tentu akan ada penyesuaian tiap tahunnya, karena sejauh ini jumlah penggangguran terbanyak ialah lulusan SMA/SMK,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Bojonegoro Agus Supriyanto di sela acara job fair atau bursa kerja kemarin (14/11).

Untuk menekan TPT, menurut Agus, terus mendorong khususnya SMK lebih menggencarkan bursa kerja khusus (BKK). Sehingga, upaya menjalin kerja sama dengan banyak perusahaan sangat dibutuhkan. Nantinya agar para lulusannya bisa terserap. 

“Sebanyak 32 SMK di Bojonegoro sudah bekerja sama dengan berbagai perusahaan dari berbagai sektor melalui bursa kerja khusus (BKK). Ini untuk menyerap lulusan SMK sudah terampil,” jelasnya.

Dia mengatakan, kerap mengadakan pelatihan-pelatihan peningkatan sumber daya manusia (SDM). Agar nantinya sertifikat pelatihan itu bisa menunjang masyarakat ketika hendak melamar kerja. 

Dan, penyelenggaraan job fair diadakan dua hari berakhir hari ini (15/11) di Gedung Islamic Center juga diharapkan bisa menyerap sekitar 2.000 tenaga kerja. “Kami dorong terus peningkatan skill sekaligus berikan informasi lowongan pekerjaan,” katanya.

Sekretaris Komisi B DPRD Bojonegoro Lasuri menyarankan untuk penyelenggaraan job fair tak hanya di jantung kota. Sehingga, lebih mudah dijangkau dan informasinya pun bisa tepat sasaran. 

“Karena setahu saya, beberapa masyarakat yang jauh dari jantung kota tidak mengetahui kalau 14-15 November ini ada job fair di Islamic Center,” ucapnya.

Dia mendorong agar dinperinaker lebih aktif lagi menjalin kerja sama dengan banyak perusahaan. Selain itu, penanaman modal dari investor-investor besar juga penting untuk berdirinya industri-industri di Bojonegoro.

(bj/cho/gas/rij/bet/JPR)

 
Jawa Pos Digital
E-Paper
Most Read
 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia