Minggu, 21 Apr 2019
radarbojonegoro
icon featured
Lamongan

PNS Tipu Daftarkan CPNS, Dituntut 1,5 Tahun

12 April 2018, 07: 35: 28 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

Ilustrasi

Ilustrasi (Istimewa/Jawa Pos Radar Lamongan)

KOTA – Kasus dugaan penipuan dengan iming – iming menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) memasuki penuntutan Rabu  (11/4). Akuwan Hadi Purwanto, 53, warga Desa Bulutengger, Kecamatan Sekaran, yang menjadi terdakwa dalam kasus ini, dituntut 1 tahun enam bulan.

Tuntutan 1,5 tahun itu disampaikan jaksa penuntut umum (JPU) dalam  sidang di Pengadilan Negeri Lamongan. ‘’Terdakwa dikenakan tuntutan tahanan selama 1 tahun 6 bulan dikurangi masa tahanan,’’ ujar Heri Pamungkas, yang diperbantukan JPU untuk membacakan tuntutan.

Dia tidak terlibat dalam sidang – sidang sebelumnya. ‘’Saya tidak bisa menjelaskan secara detail dan tidak mengikuti sejak awal. Takut salah karena di sini hanya menggantikan Pak Rudi tidak bisa hadir,’’ katanya tidak mau memberikan pernyataan banyak terkait kasus tersebut. 

Dikonfirmasi terpisah, Kasi Pidana Umum (Pidum) Kejari Lamongan, Adhi Setyo Prabowo, mengatakan, sebelum menjalani persidangan, uang sebagian korban aksi terdakwa dikembalikan Iskandar, 35, warga Desa Lawangagung, Kecamatan Sugio. Sebab, dia yang menjadi pelapor, juga mengajak sejumlah orang hingga sama – sama tertipu iming - iming dari terdakwa. Bahkan, istri dan adik kandungnya ikut didaftarkan sebagai CPNS.  

‘’Jadi ingat, yang mengembalikan uang bukan terdakwa, melainkan pelapor,’’ katanya. Karena ada pengembalian uang bagi korban, maka menjadi keringanan bagi terdakwa saat  menjalani persidangan. 

Dalam kasus ini, terdakwa dilaporkan 11 Oktober tahun lalu. Iskandar melaporkan Akuwan Hadi karena dijanjikan pada November 2011 ada perekrutan CPNS. Kenyataannya, tidak ada kabarnya. 

Padahal, pelapor sudah menyerahkan persyaratan dan uang pelicin. Barang bukti yang diserahkan, 24 lembar kuitansi penyerahan uang kerugian korban Rp 492,5 juta.

(bj/mal/yan/bet/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia