Minggu, 21 Apr 2019
radarbojonegoro
icon featured
Bojonegoro

BKPP Belum Bisa Pastikan Formasi CPNS

12 April 2018, 06: 00: 59 WIB | editor : Fa Fidhi Asnan

ilustrasi

Ilustrasi (Istimewa/Jawa Pos Radar Bojonegoro)

KOTA - Seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dipastikan dilakukan tahun ini. Namun, formasinya turun setelah pelaksanaan pilkada serentak Juni mendatang. Hingga saat ini masih menunggu informasi lanjutan dari pemerintah pusat. Kabid Pengadaan dan Pemberhentian Badan Kepegawaian Pelatihan dan Pendidikan (BKPP) Bojonegoro Mulyadi mengatakan, hingga kini masih belum menerima informasi lebih jauh mengenai seleksi CPNS. Terutama mengenai kapan formasinya akan turun.

Mulyadi menjelaskan, informasi mengenai seleksi CPNS semuanya dari pusat. Pihaknya, hanya bisa menunggu adanya informasi terbaru mengenai hal tersebut. “Selama belum ada informasi dari pusat, kami juga bisa memberitahukan,‘‘ ungkap dia. Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Hariya Wibisana saat berkunjung ke Bojonegoro bulan lalu mengatakan, bahwa formasi akan diumumkan Mei mendatang. Namun, pelaksanaan seleksi akan dilakukan usai pilkada serentak. Itu dilakukan untuk menjaga kondusifi tas menjelang pilkada.

Mulyadi melanjutkan, ada acuan yang digunakan BKN dan KemenpanRB melaksanakan seleksi CPNS. Yaitu, penggunaan anggaran untuk pegawai. Daerah yang anggaran pegawainya 50 persen lebih untuk gaji pegawai, tentu tidak akan mendapatkan formasi. Sebab, jika dana sudah digunakan banyak untuk pegawai, pembangunan akan terhambat. “Kondisi Bojonegoro bagaimana saya kurang tahu. Itu bagian kasda yang tahu,‘‘ jelasnya. Seleksi CPNS dipastikan menggunakan sistem computer assisted test (CAT). Yaitu, mirip UNBK di jenjang sekolah. Itu akan membuat hasil seleksi mudah dipantau. Bahkan, peserta akan mengetahui apakah memenuhi passing grade atau tidak. “Pelaksanaan tesnya bisa di Bojonegoro, bisa juga di Surabaya,‘‘ terangnya.

(bj/zim/rij/faa/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia