Senin, 20 May 2019
radarbojonegoro
icon featured
Lamongan

Potensi Wisata Bukit Kapur Puncakwangi

31 Januari 2018, 11: 02: 51 WIB | editor : Fa Fidhi Asnan

bukit kapur

POTENSI WISATA TERPENDAM : Pemandangan di bukit kapur Puncakwangi Babat yang berpotensi obyek wisata, tapi belum digarap. (Anjar D. Pradipta/Radar Bojonegoro)

BABAT – Bukit kapur di Desa Puncakwangi Kecamatan Babat memiliki potensi menjadi obyek wisata. Kondisi alamnya menyerupai kawasan wisata Garuda Wisnu Kencana di Bali yang menawarkan keindahan bukit kapur. Namun hingga kini belum ada sentuhan untuk mengarah menjadi obyek wisata. 

‘’Ini bagus mas. Tempat  untuk  foto  di sela- sela bebatuan kapur hingga di atas gunung melihat pemandangan cukup indah,’’ kata Bagus, salah satu warga yang sedang berkunjung di lokasi itu selasa (30/1). 

Selain pemandangan bukit kapur bekas galian, pengunjung juga bisa memanfaatkan kolam pancing yang ada di sela – sela batu. Tempat itu dikelola warga setempat.

Namun sayang, lokasi itu belum banyak mendapat sentuhan pemerintah maupun swasta untuk dijadikan obyek wisata yang komersial. Termasuk akses jalan menuju lokasi itu sempit, kurang nyaman bagi pengunjung. ‘’Sekarang jalanya sangat sempit. Sehingga harus berhati – hati,’’ ujar Bagus. 

Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lamongan, Chairil Anwar, tahun ini belum ada rencana membangun atau merenovasi gunung kapur Puncakwangi tersebut.  Namun tetap menjadi perhatiannya, meski belum bisa dibangun tahun ini

. Semakin banyak potensi wisata yang tergali akan lebih bagus. ‘’Masyarakat, khususnya dari luar Lamongan, akan lebih berminat berwisata ke Lamongan kalau obyek wisatanya tidak hanya satu lokasi saja,’’ terangnya. 

Dia menjelaskan, untuk menggali PAD dari wisata, diperlukan sistem paket wisata. Sehingga wisatawan terdorong untuk menginap di Lamongan agar bisa menikmati beberapa lokasi wisata yang menjadi satu paket wisata.

‘’Keberadaan wisatawan yang menginap di suatu daerah, akan semakin banyak pengeluaran yang dilakukan. Itu mendorong berkembangnya perekonomian masyarakat setempat, sekaligus meningkatkan PAD,’’ tukasnya.

(bj/jar/mal/yan/faa/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia