Senin, 21 Jan 2019
radarbojonegoro
icon featured
Tuban

Bahaya Hewan Pemakan Sampah

31 Agustus 2017, 10: 50: 59 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

BAHAYA: Kambing mengonsumsi makanan dari tempat penampungan sampah.

BAHAYA: Kambing mengonsumsi makanan dari tempat penampungan sampah. (Ahmad Atho'illah/Radar Tuban)

TUBAN – Menjelang Idul Adha, masyarakat diharapkan lebih jeli dalam membeli hewan yang bakal dijadikan kurban. Utamanya kambing.

Sebab, dikhawatirkan kambing yang dijual di pasaran merupakan kambing yang dipelihara di lokasi pembuangan sampah. Seperti banyak ditemukan di sebuah kawasan lokasi pembuangan sampah di Tuban.

Dokter Bambang Lukmantono mengatakan, kambing yang mengonsumsi makanan dari tempat pembuangan sampah cukup berbahaya. Itu karena bisa membawa penyakit.

‘’Sampah itu banyak mengandung bakteri yang bisa menimbulkan penyakit. Jika hewan yang memakan sampah itu dikonsumsi manusia, maka bakterinya bisa menular kepada manusia,’’ kata dia.

Salah satu bakteri pada sampah yang dimakan hewan adalah bakteri salmonella. Bateri jenis ini, terang Bambang, bisa mengakibatkan penyakit tifus. ‘’Apalagi kalau dimasak dengan tidak benar,’’ tuturnya.

Karena itu, dia berharap instansi terkait lebih maksimal dalam pemantauan kondisi kesehatan hewan kurban. Dengan begitu, hewan yang dijadikan kurban aman dikonsumsi manusia

(bj/ds/tok/bet/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia