Radar Bojonegoro

Suvenir Mahar Banjir Orderan

BOJONEGORO – Permintaan suvenir mahar untuk pernikahan meningkat dalam sebulan terakhir. Permintaan ini bakal mencapai puncaknya saat sebulan menjelang Ramadhan.

Salah satu karyawati toko aksesoris, Wulan mengungkapkan, banyaknya pernikahan selama Rajab (Bulan Hijriyah) mendorong permintaan suvenir mahar. ‘’Kalau di bulan biasa, paling sedikithanya lima suvenir per hari. Namun saat ini lebih banyak permintaan hingga sepuluh per hari,’’ tuturnya.

Suvenir mahar ini menggunakan kombinasi uang kertas dan koin. Namun, uang kertas yang digunakan hanya mainan lantaran larangan dari pemerintah. Sebaliknya, uang koin yang digunakan asli.

Termasuk pecahan Rp 1. ‘’Kami menyediakan uang koin asli mulai pecahan terendah (Rp 1, red). Itu digunakan sebagai simbol tanggal, bulan, dan tahun saat pernikahan,’’ imbuhnya.

Untuk harga suvenir, lanjut Wulan, bervariasi. Semakin, besar dan rumit pengerjaannya memiliki harga beli yang tinggi. Kebanyakan warga Bojonegoro menyukai suvenir dengan rentang harga antara Rp 200 ribu hingga Rp 1,5 juta. ‘’Bentuk dominannya masjid atau miniatur pernikahan,’’ jelas dia. 

Seorang pengunjung toko, Irawan mengungkapkan, bahwa jasa pembuatan suvenir mahar di Bojonegoro sudah cukup banyak. Karena ramainya musiman, persaingan mereka cenderung pada harga. ‘’Walaupun selisih seribu atau dua ribu, selama hasilnya bagus maka pembeli bakal tertarik,’’ jelasnya. (hmy/haf)

 


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar