Radar Bojonegoro

Penjualan Komik Stagnan

BOJONEGORO – Penjualan komik memiliki pangsa pasar tersendiri. Terutama dari kalangan anak-anak. Sedangkan di Bojonegoro, hampir semua toko buku menjual komik. Meski demikian, penjualan cerita bergambar itu mengalami stagnan.

Salah satu manager toko buku di Jalan Pangliman Sudirman, Mutrofin mengatakan, penjualan komik dari tahun ke tahun mengalami stagnasi. Bahkan, cenderung menurun.

Sebab, tambah dia, kini hampir semua komik yang dijual di toko bisa dibaca secara online. “Efek komik yang mudah ditemukan ketika berselancar di internet sangat terasa imbasnya pada penjualan komik rilisan fisik,” katanya Selasa (11/4).

Beberapa seri komik yang kerap diburu adalah seri komik lawas seperti detective conan dan doraemon. Juga beberapa karya dari komikus lokal yang juga turut mewarnai pasar komik di Indonesia. “Di toko kami tentu didominasi komik dari Jepang, komik-komik lokal masih terbilang sedikit peminatnya,” ungkapnya.

Adapun seri komik yang sedang hype akhir-akhir ini yaitu attack on titan dan Tokyo ghoul.
Terpisah, pemilik toko buku di Jalan Dr Wahidin, Harianto Utomo mengaku, penjualan komik selalu ada pangsa pasar tersendiri.

Namun, koleksi komik di toko tersebut tidak terlalu banyak, beberapa seri komik yang memang kerap dicari oleh penggemarnya. “Pasti masih banyak anak-anak yang mencari seri komik detective conan, doraemon, dan naruto,” terangnya.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar