Radar Bojonegoro

Sekdes PNS Bisa Kena Mutasi

KOTA LAMONGAN – Jabatan sekretaris desa (sekdes) yang kosong akan semakin banyak. Pasalnya, sekdes yang masih menjabat dan berstatus PNS, sewaktu waktu dapat  dimutasi ke organisasi pemerintah daerah (OPD) lain seperti PNS lainnya.

Menurut Kepala Bagian Pemerintahan Desa (Kabag Pemdes) Setkab Lamongan, Jarwito, sekdes berstatus PNS yang masih menjabat saat ini, ketentuan mutasinya sama dengan PNS lainnya. ’’Jadi tidak harus menjabat sekdes sampai pensiun. Tapi sewaktu-waktu bisa dimutasi ke OPD lain seperti halnya PNS pada umumnya,’’ ujarnya.

Sampai Kamis (2/3), dari 462 desa yang ada di Lamongan, ada 170 desa yang jabatan sekdesnya dalam kondisi kosong. Bila sekdes PNS yang ada saat ini dimutasi ke instansi lain, jumlah jabatan sekdes yang kosong itu berpeluang bertambah. ’’Untungnya, ketentuan yang ada saat ini, jabatan sekdes tidak lagi berstatus PNS. Namun statusnya sama dengan perangkat desa lain,’’ tuturnya.

Dengan ketentuan baru tersebut, pengisian jabatan sekdes tidak lagi menunggu pengadaan PNS golongan II. Namun, bisa dilakukan dengan perekrutan langsung dari masyarakat umum. Perekrutan itu dilakukan panitia yang dibentuk desa. ’’Sekdes yang lolos perekrutan akan diangkat kepala desa,’’ ujarnya.

Mantan Camat Babat itu menambahkan, sekdes yang tidak berstatus PNS, tidak bisa dimutasi ke instansi lain. Menurut Jarwito, dalam waktu dekat direncanakan dilakukan pengisian jabatan perangkat desa yang kosong, termasuk sekdes. Saat ini ada sekitar 650 jabatan perangkat desa yang kosong, termasuk sekdes. ’’Pemkab Lamongan sedang melakukan persiapan administrasi dan pembuatan contoh-contoh form bagi calon pendaftar nanti,’’ katanya. (feb/yan/JPG)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar