Radar Bojonegoro

Oh, Guru PNS ditarik dari Sekolah Swasta

KOTA BOJONEGORO - Rencana penarikan guru pegawai negeri sipil (PNS) di sekolah swasta tengah digodok. Wacana tersebut sudah ditindaklanjuti oleh sejumlah daerah, termasuk di Bojonegoro. Meski belum semua ditarik, tapi masih ada 48 PNS mengajar di sekolah swasta.

Kepala Bidang Ketenagakerjaan Dinas Pendidikan (Disdik) Bojonegoro M.Khuzaini menuturkan, penarikan guru PNS dari sekolah swasta belum dilakukan. Meski wacana tersebut sudah beredar, namun demi menyetarakan mutu pendidikan sekolah. ’’Disdik masih mengkaji ulang penarikan guru PNS itu,” ujarnya, Kamis (2/3).

Khuzaini menjelaskan, status guru PNS di sekolah swasta sifatnya diperbantukan. Dengan ketentuan pengabdian profesi, seharusnya memang mengabdi di instansi pemerintah. Peran guru PNS di sekolah swasta cukup berpengaruh, apalagi bagi sekolah yang tidak memiliki cukup dana atau SDM memadai. ’’Sehingga, keberadaan guru PNS bisa jadi magnet tersendiri,” jelasnya.

Menurut Khuzaini, jumlah guru PNS diperbantuan di swasta tidak banyak. Sehingga, jika sudah ada peraturan pasti dan mengikat, maka guru tersebut bisa ditarik. Pasalnya, sekolah negeri di Bojonegoro masih kekurangan guru PNS.

Selama ini masih di isi dengan guru honorer. Sementara Kepala Dewan Pendidikan Bojonegoro Sri Minarti menuturkan, penarikan guru PNS diperbantukan swasta seharusnya segera dilakukan. Karena keberadaan guru PNS diperbantukan swasta cukup merugikan. Pasalnya, sekolah swasta tersebut hanya menggunakan tenaga sisa dari sekolah negeri. ’’Hasilnya tidak akan maksimal,” ujarnya.

Menurut dia, seluruh penyelenggara pendidikan swasta harus siap dengan guru tetap dengan kualitas kompeten di bidangnya. Sehingga, bisa memaksimalkan pembelajaran meski tidak mengandalkan guru PNS. ’’Jika tidak siap jangan mendirikan sekolah,” pungkasnya.

Sri Minarti menambahkan, kerja sama antara sekolah negeri dan swasta bisa saja terjadi. Akan tetapi harus me ngutamakan kebutuhan se kolahnya sendiri, di an taranya mengenai tenaga pendidik. Sehingga, sekolah swasta bisa lebih maksimal dalam mengelola lembaga pedidikannya.(rka/haf/JPG)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar